Urutan Warna Pada Kabel Jaringan CCTV (Seri Jaringan CCTV Dasar)

6
  • Saturday, September 1, 2012
  • admin artikelcctv
  • Label:
  • Pada judul saya akhiri dengan kata �Jaringan CCTV� seolah-olah urutan warna kabel jaringan untuk cctv berbeda dengan jaringan komputer. Sebenarnya sama saja, itu untuk keperluan judul saja supaya lebih menarik. Mungkin sangat banyak artikel yang membahas topik yang serupa, tapi tidak ada salahnya artikel-cctv menuliskan kembali. Insya Allah postingan kali ini akan bermanfaat bagi yang baru memulai belajar cara mengatur settingan internet untuk dvr ataupun cara mengkonfigur IP camera, supaya tidak repot untuk googling cara membuat kabel jaringan straight ataupun cross.

    Ada 2 macam kabel jaringan, straight dan cross. Kabel straight digunakan untuk menghubungkan device node (komputer, DVR, dll) ke konsentrator (hub/switch).
    kabel straight

     

    Sedangkan kabel cross digunakan untuk menghubungkan device node ke device node, contoh: komputer ke komputer, ataupun komputer ke dvr.

    kabel cross 1


    kabel cross 2
    Kaidah penggunaan kabel straight dan cross tetap harus diikuti walaupun ada beberapa device node ataupun konsentrator yang dapat terhubung satu sama lainnya secara otomatis dengan kabel straight ataupun cross.

    Seperti kita ketahui kabel yang digunakan untuk jaringan komputer adalah kabel UTP CAT 5 dengan konektor RJ-45. Banyak merk yang bisa kita temui di pasaran, diantaranya BELDEN, AMP, TELEBIT, dll. Salah satu kesulitan yang dialami saat pertama kali mempelajari jaringan komputer adalah penentuan urutan warna kabel saat membuat kabel straight ataupun cross. Berikut urutan warna kabel straight dan cross.

    urutan kabel straight dan cross

     


    Dari gambar di atas terlihat perbedaan urutan warna antara straight dan cross terletak di pair kabel warna orange dan hijau. Untuk menentukan kabel jaringan straigth atau cross caranya adalah dengan melihat pair kabel paling kiri dari kedua konektor RJ-45, dimana sebelumnya harus dipastikan kuping konektor RJ-45 menghadap ke bawah.

    cara crimping kabel LAN


    Jika pair kabel konektor RJ-45 yang paling kiri dua-duanya berwarna orange berarti kabel tersebut kabel straight, dan jika salah satu konektor RJ-45 yang paling kiri berwarna hijau maka kabel tersebut cross (harus dipastikan juga RJ-45 pasangannya, pair kabel paling kiri warnanya harus orange).

    Oiya berikut tip tambahan saat membuat kabel jaringan.

    1. Gunakan alat pengupas kabel khusus untuk kabel UTP CAT5, untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah. Alat tersebut berwarna kuning dan mencegah pengupasan kabel yang kurang sempurna.
      RJ-45 crimping tools

    2. Perhatikan kabel yang akan dimasukan ke konektor RJ-45, ujung-ujungnya harus rata. Ini bisa dilakukan dengan memotong menggunakan tang pemotong yang tajam/bagus, atau bisa juga menggunakan gunting.
    3. Pastikan sleeve atau pembungkus kabel berwarna abu harus masuk ke konektor RJ-45.
    4. Jika ada dana berlebih anda bisa membali Cable Tester untuk memastikan bagus tidaknya hasil crimping ataupun untuk troubleshooting (lihat gambar di atas, tester tersebut bentuknya kotak).

    Sekian postingan kali ini, jika ada pertanyaan, masukan, atau saran silahkan isi kolom komentar.

    6 komentar:

    1. Vakum Pembesar Penis said...
    2. itu memasangnya sama seperti memasang kabel RJ45 ga ya?

    3. Blogger Madura said...
    4. Baru tahu aku gan. Pantesan kemarin punyaku salah terusg thank gan dh share

    5. toko komputer said...
    6. trima kasih gan tuk ilmu'a,,, ini sngat mbantu sya..
      sukses trus tuk agan... :)

    7. Belajar Komputer said...
    8. terima kasih infonya gan ......sangat bermanfaat

    9. CCTV Bali said...
    10. thansk for share, blog ini sangat bermanfaat sekali bagi para teknisi cctv seperti kami..

    11. Hadi Wijaya said...
    12. Terima kasih atas share info nya, Gan... sangat berguna bagi saya yang awam soal jaringan.

    Post a Comment