13 December 2012

Jangan Rekam Kamera 700TVL Menggunakan DVR Biasa!

Baru-baru ini beberapa factory mengeluarkan kamera dengan TVL sangat tinggi untuk ukuran CCTV analog, yaitu kamera 700 TVL. Kamera tersebut menggunakan CCD 960H. Sony memberi brand chip CCD ini dengan nama Effio. Dan beberapa vendor menggunakan CCD 960H sendiri contohnya seperti CNB.

spesifikasi kamera 700 TVL

 

Pada artikel saya lainnya, disebutkan bahwa maksimal TVL yang dapat diproses oleh sutau DVR adalah:

rumus TVL to resolusi DVR

Resolusi maksimum DVR adalah D1 (720 x 576), ini berarti berapapun input TVL kamera, outputnya (hasil rekaman DVR) akan selalu sama dengan 540 TVL (720 x 0,75). Begitupun dengan kamera 700 TVL, DVR akan memukul rata hasil rekamannya ke 540 TVL.

Untuk mengatasi hal tersebut, yaitu optimalisasi perekaman pada kamera 700 TVL. Maka harus menggunakan DVR yang sesuai. Seperti apakah DVR tersebut? Mari kita lihat gambar spek DVR di bawah ini.

dvr 960h

Dari spek DVR diatas terlihat resolusi perekaman adalah 960 x 480. Berdasarkan rumus sebelumnya, maka TVL optimal yang dapat direkam oleh DVR tersebut adalah 960 x 0,75 = 720 TVL. Artinya DVR dapat merekam/menyimpan semua informasi gambar yang ditangkap oleh kamera 700 TVL.

Gambar spek diatas adalah screenshot dari DVR 960H DM Cube, yang khusus dibuat untuk kamera dengan TVL tinggi. Selain resolusi rekaman yang lebih tinggi dari DVR analog biasa, resolusi display live view bisa mencapai Full HD yaitu 1920 x 1080 jika monitornya support HDMI.

Patut diperhatikan, DVR 960H BUKAN DVR HDCCTV. HDCCTV resolusi rekamannya ada dua pilihan yaitu 1280 x 720 dan 1920 x 1080, jauh lebih tinggi di atas DVR 960H.

Sekian artikel kali ini.

6 komentar:

bayu said...

kl buat kantor cocoknya apa y kira2??

admin said...

Tergantung kebutuhannya Mas Bayu. Dengan resolusi terbatas (tidak setinggi IP camera), cctv analog bisa dioptimalkan dengan design yang tepat. Apakah pemasangan cctv dimaksudkan hanya untuk monitoring karyawan saja? atau dengan fungsi face capture? atau bahkan bisa diaktifkan fungsi alarmnya. Jika Mas Bayu membutuhkan info lebih lanjut bisa baca-baca lagi artikel lainnya atau kontek saya via email.

Terima kasih atas pertanyaannya...

Pasang CCTV Jakarta said...

Artikelnya bagus Mas...
Sangat membantu.
Salam dari kami ARVIO CCTV
www.arviocctv.com
087770911110 / 021-96275757

admin said...

Sama-sama.
Terimakasih atas kunjungannya.

Anonymous said...

If you want to prevent burglars from drumming your home, you have to think like one. Identify helpless areas in your home that burglars will most likely use as entrance and exit points. These are the areas that you must prioritize if you’re going to install a security system. This way, intruders will be stopped even before they enter your house. Security systems are a powerful weapon to prevent crimes; use these to your advantage security cameras installed in california.

Unknown said...


960h DVR
I think you are right that the TUC (and all of us) have not done enough to highlight and campaign against the ConDems plans to water down health & safety.

Post a Comment

Maaf jika ada pertanyaan yang tidak saya jawab, dikarenakan kesibukan penulis yang tidak memungkinkan untuk selalu online. Dan mohon maaf untuk iklan dengan terpaksa saya hapus.