Lebih Lanjut Tentang Balun

6
  • Friday, June 7, 2013
  • admin artikelcctv
  • Label:
  • Melanjutkan artikel terdahulu tentang balun, artikel kali ini akan mengupas lebih dalam lagi penggunaan balun pada instalasi cctv.

    Ada beberapa macam balun berdasarkan jumlah channel/port, yaitu:

    1. Single Channel.
      Product_Images-TTP111VT
    2. 4 Channel.
      ttp414v_3-4
    3. 16 Channel.
      TPP016

    Di lapangan ketiganya bisa digunakan secara bersamaan.

    Kabel Yang DIgunakan.
    Kabel yang digunakan pada balun adalah kabel UTP CAT5. Tidak masalah jika harus disambung, karena seperti kita ketahui kabel UTP CAT5 satu roll-nya hanya 300 meter.

    Jumlah pairs kabel dalam kabel UTP CAT5 adalah 4 pairs, ini menandakan bahwa 1 tarikan kabel UTP CAT5 bisa menggantikan 4 tarikan kabel coax. Simpelnya 1 tarikan kabel UTP CAT5 bisa digunakan untuk 4 kamera.

    cat5 from forumcctv

    Nah, bagaimana jika menggunakan balun single channel? Tentunya 3 pairs sisa akan menjadi mubazir. Kecuali kita menggunakan balun yang sudah include dengan power. Power disini adalah power supply untuk kamera. Bisa power supply terpusat, ataupun plug-in. Yang harus diperhatikan adalah panjang rambatan kabel UTP CAT5 dari power supply ke kamera. Semakin jauh maka drop tegangan akan semakin besar. Ini bisa diatasi dengan men-�double� jumlah pairs kabel UTP CAT5 supaya drop tegangan tidak terlalu besar.

    single channel balun with power

    Bagaimana caranya supaya seluruh pairs kabel pada UTP CAT5 bisa efektif digunakan? Jawabannya adalah dengan menggunakan balun multi channel. Bisa 4, 8, ataupun 16 channel. Kekurangannya adalah kita masih menggunakan kabel coax dari kamera ke balun tersebut, karena semua tarikan dari kamera harus di drop di satu titik.

    4 channel balun

    Jarak Maksimal Balun.
    Berikut tabel jarak maksimal balun sesuai dengan tipenya masing-masing.

    jarak maksimal balun

    Balun pasif tidak menggunakan power tambahan. Balun aktif menggunakan power supply tambahan 12 Vdc. Dari gambar di atas terlihat jarak maksimal balun adalah 2 KM. Jika dibutuhkan lebih dari 2 KM, maka balun dapat di-kaskada-kan.

    balun kaskada

    Yang dimaksud dengan jarak maksimal adalah jarak dari kamera ke ujung kabel, bukan jarak dari balun ke balun.

    jarak maksimal balun sebenarnya

    Dari uraian di atas terlihat, dengan balun kompleksitas instalasi cctv dapat disederhanakan. Penarikan jadi lebih mudah karena ukuran kabel relatif lebih kecil. Dibandingkan dengan kabel coaxial, balun lebih tahan terhadap interferensi.

    Semoga bermanfaat artikel ini. Jika ada pertanyaan, saran atau kritik silhakan sampaikan unek-uneknya via kolom komentar.

    6 komentar:

    1. Jack Trent said...
    2. I truly enjoy it and find all the information very helpful..thanks for sharing for good postForesight CCTV

    3. Iwan ARS said...
    4. saya mau tanya,, kabel LAN maksimal baru 300meter ya?? kalau mau pakai balun berarti kabel lan harus di sambung?? apa kabel lan belden cat5 bisa disambung sampai 2kilometer?

    5. admin artikelcctv said...
    6. @Iwan ARS: Jawabannya bisa dan tidak mengapa jika disambung.

    7. Gatok Soebijanto said...
    8. Numpang tanya Master Iwan, klo pakai balun pasif, kemudian powernya pakai rambatan pasangan kabel UTP yg tersisa tsb bisa sampai jarak maks brp meter biar power tidak drop

    9. Gatok Soebijanto said...
    10. maksimal jarak kabel antara power (adaptor) dan camera berapa meter, supaya power tidak drop (apabila menggunakan kabel UTP Cat5) ?

    11. Anonymous said...
    12. apakah bisa di hubungkan ke switch hub lan yg gabung sama jaringan lan terus di keluarkan jadi kabel coax

    Post a Comment