Kemudahan Instalasi IP Camera Menggunakan PoE (Power Over Ethernet)

0
  • Sunday, September 1, 2013
  • admin artikelcctv
  • Label:
  • Instalasi umum cctv analog 4 kamera dapat dilihat pada gambar di bawah. Diperlukan 2 tarikan kabel untuk pemasangan 1 kamera. Kabel coaxial sebagai media perambatan sinyal video dan kabel power 12 Vdc.

    instalasi cctv analog

     

    Pada IP Camera ada 2 alternatif instalasi. Cara pertama menggunakan power supply bawaan IP Camera. Pada cara ini ada 2 tarikan kabel yaitu kabel UTP CAT5 sebagai media rambat data video dan kabel power 12 Vdc. Kurang lebih wiring diagramnya adalah sebagai berikut.

    instalasi cctv ip camera 1

    Cara ke-2 adalah tanpa menggunakan power supply bawaan IP Camera. Jadi hanya 1 tarikan kabel yang diperlukan, yaitu hanya kabel UTP CAT5. Berikut wiring diagramnya.

    instalasi cctv ip camera 2

    Para pembaca dapat membedakan antara instalasi IP camera cara 1 dan cara 2 berdasarkan gambar ke-2 dan ke-3.

    Pada cara 1 switch yang digunakan adalah switch standar yang biasa digunakan pada jaringan komputer, sehingga IP Camera masih memerlukan power supply.

    [anaQi Fath R Fahlevi]

    Pada cara 2 switch yang digunakan adalah Switch with PoE (PoE Swicth). Switch ini mengeluarkan tegangan yang diperlukan oleh IP Camera sehingga tidak diperlukan eksternal power supply.

    Dengan fitur PoE inilah instalasi IP Camera lebih ringkas dan lebih cepat, dan tentunya dengan beberapa catatan, yaitu:

    1. Kabel UTP CAT5 yang digunakan adalah kabel LAN straigth, ulasannya bisa dibaca disini.
    2. Maksimal panjang kabel adalah 100 meter.
    3. Port (colokan RJ-45) pada swicth PoE biasanya tidak semuanya mengeluarkan tegangan. Pada switch 8 port hanya 4 port yang mengeluarkan tegangan (hanya 4 port switch yang support PoE).
    4. Jangan khawatir dengan konfigurasi pin (urutan kabel) data dan tegangan. Pastikan IP Camera dan Switch PoE menggunakan standar PoE yang sama. Standar PoE yang banyak dipasaran adalah 802.3af. Jadi jika di kemasan (dus) IP Camera dan Swicth tertera 802.3af, maka keduanya adalah plug n play.
    5. Switch PoE bisa membedakan antara device yang mempunyai fitur PoE dan tidak. Artinya saat kita menancapkan RJ-45 yang support PoE (ada tegangannya) tidak serta merta device tersebut (contoh laptop) rusak. Switch akan melakukan handshake terlebih dahulu jika tidak valid maka port tersebut tidak akan mengeluarkan tegangan.

    Sekian artikel kali ini. Jika pembaca ada pertanyaan ataupun sharing mengenai instalasi IP Camera menggunakan PoE silahkan isi kolom komentar. Oiya satu lagi, Switch PoE yang pernah penulis gunakan adalah TP-Link SF-TL1008 (8 port).

    0 komentar:

    Post a Comment