Friday, September 7, 2012

Settingan DHCP Pada DVR

Singkatnya DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah server penyedia IP Address. DHCP server inilah yang akan memberikan IP address ke setiap device yang terhubung. Server DHCP ini bisa berupa:

  1. PC router.
  2. Router.
  3. Modem ADSL.

DHCP merupakan implementasi koneksi internet zero configuration, dimana device yang terhubung tidak harus disetting ulang setiap kali terhubung kesuatu jaringan. Device yang terhubung bisa laptop, smartphone, ataupun DVR. Setiap device jaringan yang terhubung ke server DHCP dapat dilihat beserta IP address yang digunakan (lihat gambar di bawah).

list client dhcp


IP address yang diberikan ke device biasanya akan berubah saat device tersebut terputus dari jaringan. Nah, saat terhubung kembali untuk yang kesekian kalinya biasanya IP addressnya akan berubah. Karena itulah disebut dengan Dynamic.

Pada router tertentu ada fitur DHCP reserved. Fitur ini berfungsi untuk mencadangkan atau mengunci satu IP address dengan device tertentu yang dikehendaki. Caranya adalah dengan memasangkan MAC address suatu device dengan IP address yang diinginkan.

menu dhcp reserved


DHCP bisa di-on atau di-off kan, tergantung desain jaringan yang digunakan. Biasanya dalam satu jaringan hanya ada satu server DHCP. Jumlah maksimum device yang terhubung dapat ditentukan dengan cara mengatur alokasi IP Address yang diberikan. Menu DHCP biasanya dapat ditemukan dibawah menu NETWORK SETTINGS.

alokasi ip address dhcp


Pada DVR, mode IP address harus diatur pada mode static atau disebut juga manual. Hal ini untuk menghindari berubahnya IP address. Perubahan IP address pada DVR akan menyebabkan DVR tidak bisa diakses via internet, dikarenakan port yang sebelumnya telah di open menjadi closed karena IP address telah berubah. Mengenai open port bisa dibaca disini.

Tetapi ada beberapa DVR yang harus menggunakan mode DHCP supaya dapat terhubung ke internet. Untuk mencegah berubahnya IP address maka harus digunakan fitur DHCP reserved.

Sekian postingan kali ini. Jika ada saran, koreksi, atau pertanyaan silahkan isi kolom komentar.

Share This!