23 February 2014

Repotnya Open Port di Huawei HG532e

Akhir-akhir ini, Telkom sedang giat-giatnya meng-upgrade infrastruktur jaringan telponnya. Dulu berbasis voice, alias data nebeng pada medium suara yaitu kabel telepon. Sekarang infrastruktur yang digunakan adalah berbasis data, menggunakan fiber opctic. Satu kabel fiber optic bisa menampung sampai 30 nomor telepon (menurut teknisi telkomnya).

Saya tidak tahu apakah ada hubungannya antara perubahan infrastruktur ini dengan penggantian modem ADSL bawaan speedy. Dulu yang digunakan tplink, terakhir modem yang saya setting adalah Huawei HG532e (HG=Home Gateway).

Huawei HG532e

 

Dari awal sudah mulai curiga, mengingat modem ADSL Huawei tipe sebelumnya tidak ramah dengan teknisi CCTV. Kecurigaan saya terbukti, dimulai dengan user account. Huawei HG532e mempunyai 2 user account. User pertama adalah admin dengan password admin. Walaupun user admin, tidak semua menu bisa diakses. Jangan harap anada akan menemukan menu wifi dengan user ini. User utamanya adalah support dengan password theworldinyourhand. Password yang ribet, saya sarankan untuk menggantinya terlebih dulu.

Hal kedua adalah susahnya mengatur settingan DDNS. Huawei HG532e jelas mendukung DynDNS dan TZO, no-ip dan yang lainnya? Harusnya bisa dengan menggunakan settingan Others. Tapi saya belum pernah berhasil. Untuk urusan DDNS, seperti tipe sebelumnya Huawei gagal menjadi teman baik teknisi cctv.

Yang terakhir adalah open port. Open port bisa menggunakan DMZ dan virtual server. Pada Huawei HG532e istilahnya port mapping. Ada isian remote host, internal host, dsb. Sempat membuat bingung. Yang jelas, parameter yang harus diisi adalah:

  • External start port.
  • External end port.
  • Internal Host.
  • Internal port.
  • Mapping name.

Contoh sederhana misalnya akan membuka port 7500 pada DVR dengan IP Address 192.168.1.45. Maka: 

  • External start port = 7500.
  • External end port = 7500.
  • Internal Host = 192.168.1.45.
  • Internal port = 7500.
  • Mapping name = DVR.

Bukan isian parameter di atas yang menjadi masalah. Huawei HG532e, mempunyai 4 port LAN. LAN 1 s/d LAN 4. Teorinya, semua port harusnya bisa digunakan untuk internetan, soalnya saat saya ping ke device pada port LAN 2 dan LAN 3, hasilnya reply tidak RTO. Masalahnya adalah port LAN 2 s/d LAN 4 tidak bisa digunakan untuk internetan. Efektif hanya port LAN 1 yang ada internetnya. Ini artinya port device pada LAN 2 s/d LAN 4 tidak akan pernah bisa dibuka.

HG532e Rear

Dari sisi fisik/casing dan menu Huawei HG532e terlihat menjanjikan. Percayalah, saya sarankan untuk mengganti modem tersebut dengan merk lain jika digunakan untuk cctv dan server lainnya. Mungkin pembaca ada pengalaman dan masukan yang lain? Silahkan sharing di kolom komentar.

49 komentar:

Christ Lim said...

Betul banget bro...
Saya sudah seminggu ini kutak katik nih Modem..
Sangat tidak bersahabat dengan kita sebagai Teknisi CCTV..
Btw, maksud bro dengan Port LAN 2 s/d 4 gk ada Internetnya berarti kita cuma bisa pakai Port LAN 1 untuk bisa Internetan ??
Jadi untuk koneksi ke CCTV cuma bisa 1 Port donk ??

admin said...

Betul Pa Christ Lim. Saya baru pas mau open port untuk alarm texecom yang sebelumnya sukses bisa diakses ko ini jadi ngeblok. Bolak balik saya cek settingan, saya baru nyadar kalo colokannya sudah saya pindah langsung nyolok ke port LAN 2 modem ADSL. LAN memang tidak ada masalah, di ping tidak rto, tapi port tidak terbuka sama sekali. Internet pada modem huawei ini memang efektif cuma pada port LAN 1 saja.

Unknown said...

mungkin sedikit tips, untuk memfungsikan semua port lan bisa masuk ke
BASIC > WAN
pada bagian INTERNET_TR069_R_8_81 ceklist pada semua port LAN..
di kantor sy bisa berfungsi semuanya kok,
.. thaks

admin said...

@Cakra Tunggal: Alhamdulillah.... Pa hatur nuhun sharingnya. Semoga blog ini bisa dijadikan forum atau sharing ilmu....

Unknown said...

sama bro pakek modem ini IP adres harus atomatis ngak bisa manual jadi ngak bisa untuk cerver warnet

Unknown said...

sama bro ni modem ngak bisa bua server warnet ternyata

Viking Blogger said...

Numpang comment ni bro, di tmpt saya pake modem router ini susah bgt konekin ke cctv. Smpe teknisi cctv nya nyerah, Utk Soal LAN 1-4 di tmpt sya LAN 1 Dan 2 lancar untuk internet tp yg LAN 3 utk CCTV msh belom bisa jalan. Jadi klo kata teknisi CCTV nya ni IP public speedy nya tidak bisa diakses ke internet luar. Mungkin masbro masbro yg udah jago soal IT bisa bantu sya biar CCTV nya nymbung ke modem Huawei HG532e

Viking Blogger said...

Numpang comment ni bro, di tmpt saya pake modem router ini susah bgt konekin ke cctv. Smpe teknisi cctv nya nyerah, Utk Soal LAN 1-4 di tmpt sya LAN 1 Dan 2 lancar untuk internet tp yg LAN 3 utk CCTV msh belom bisa jalan. Jadi klo kata teknisi CCTV nya ni IP public speedy nya tidak bisa diakses ke internet luar. Mungkin masbro masbro yg udah jago soal IT bisa bantu sya biar CCTV nya nymbung ke modem Huawei HG532e

admin said...

@Viking Bloger: Kang, di kantor saya alhamdulillah bisa diakses dari luar. Tetap menggunakan port LAN 1. Nah dari port LAN 1 ini baru dibagi via switch 8 port. Anggap saja modem ini modem 1 port.

Anonymous said...

emang modem ini tidak teknisi cctv friendly :) untuk yg LAN 3 dan LAN 4 di pakai bridge untuk layanan home monitoring speedy (LAN 3) useetv (LAN 4) bisa di pake internetan tinggal di hilangin centang nya, terus untuk mengaktifkannya ikuti langkahnya @cakra tunggal...

teskosong said...

jangan kan untuk cctv untuk tambah acces point saja ya ampun susahnya, saya mau tambah acces poit biar wirelessnya bisa samoe jauh, susah, tapi terima kasih master saya baru tau kalo port lannya cuma bisa yang nmor 1, soalnya kemarin saya colokin ke nomor 3 gagal

Unknown said...

Bro, numpang tanya. kalau baca dicomment terakhir, jadi cctvnya udah bisa diakses via port 1? kalau udah bisa, bisa ajarin cara settingnya? udah aku setting bolak balik tp tetep ga bisa :(

admin said...

@Javier: Gunakan dulu DMZ (enable isi IP Address). Nah pastikan WAN Connectionnya yang aktif. Kalo ditempat saya yang ini INTERNET_TR069_R_8_81. Semoga membantu!

Anonymous said...

mau sharing pengalaman ni bro. kemarin baru dapat modem adsl dri telkom HG532e. memang agak susah setting ddns utk cctv nya. tapi setelah utak atik akhirnya sy bisa me-remot dvr saya yg ada di ktr.
masuk ke menu advance>NAT>DMZ, pilih WAn conection speedy yg aktif. isi Host adress dg IP DVR, centang DMZ>submit
menu port mapping> protocol: TCP, remote host: IP dvr, external port: port DVR, internal port: port IP, internal host: IP DVR, internal port: 80, mapping name: dvr
menu port trigging> triging protocl: TCP, triger star port: 5445, triger end port: 5445, open strat port: port DVR, open end port: port DVR, trigger name: mobile
menu DDNS: pilih wan connection yg aktif speedynya>servis provider: pilih dyndns.org. misalkan: xxxxx.dyndns.org. cara mengisinya> host: xxxxx,>domain: dyndns.org, > username: user name dyn anda, > pasword: pswrd dyns anda> SUBMIT
itu saja yg sy serting, dan berhasil. mudah2an bisa membantu.

indomandiri technic said...

makasih master master info nya.. klo d dvrnya bisa pake dns google gak??? maaf

indomandiri technic said...

terima kasih info nya. bagus banget... di dvr pake dns google bisa gak?

Abdul Basith said...

Terus terang, saya juga pusing dibuat nih modem. Saya punya aplikasi desktop dengan MySQL database. Kalau saya jalankan pada jaringan LAN semua aplikasi bisa jalan. Masalahnya IP Modem ini tidak bisa saya ping dari luar. Saya juga sudah search IP Publicnya dengan aplikasi IP scanner tetap tidak terdeteksi. Bagi agan-agan yang pernah develop modem ini dg aplikasi MySQL mohon pencerahan, Thanks.

AndrieST said...

wah kasusnya sama nih mas....
susah setting DVR ke modem ADSL huawei ini, gara2 modem rusak diganti oleh speedy.
tapi sementara ini saya pakai modem TPlink yang lama punya temen...

daripada ribet nantinya.. kira2 klo saya minta ganti modem lagi menjadi TP-Link bolehnya yah? hahaha

mazk said...

@irhandi ferianto. pengalaman sy tdk ada masalah dg ping modem ini dari luar. perlu diingat modem ini utk intenet pengalaman sy cuman port 1 yg bisa. solusinya hrs pakai hub, kabel lan hub masuk ke port 1. dan kelihatannya modem ini bandel utk speedy, mungkin sdh disetting khusus utk speedy telkom, kali.
sblmnya sy yg posting dg 'anonymous'

DECKY.POLII said...

untuk informasi aja kepada smua teman2 cctv... untuk modem telkom ZTE dan Huawei (SPEEDY) pasnya semua menjadi ID: support dan pas: theworldinyourhand per pebruari 2014. dan smua ip menjadi statis tdk ada lg dinamis. katanya sih untuk memprotek virus pada sistim... yah semoga berguna aja informasinya. dan sebagai saran aja untuk tmn21 smua jgn lupa menginstal ip schaner fungsinya bagus dan bisa scant port bebas yang bisa di gunakan pada mesin dvr. Cayo...

Anonymous said...

Duh gagal terusnih..dapetnya IP local terus pas di ping ke dyndnsnya.. :(

Anonymous said...

Info. Masuk ke Basic lalu WAN. pilih OTHER_B lalu matikan Lan3 dan Lan4 lalu submit. Setelah itu pilih INTERNET_TR069 lalu centang Lan3 dan Lan4. stlh itu klik submit. Sekarang Lan3 dan Lan4 bisa dipakai untuk CCTV.

Anonymous said...

hmm, memang sempat membingungkan, ternyata setelah diutak atik,
ether 3 dibuat home monitoring dan ether 4 untuk USEE TV.

kalau mau remote modem ini dari luar bahaya gan, karena yah... ga bisa diganti passsword theworld itu.

pengalaman ane sih, nih modem cacat alias ga bisa diganti subnetnya, jadinya kalau untuk diatas 254 IP buruk sekali. meskipun settingan SUBNET di LAN sudah diganti, reboot bolak balik tetep nihil 255.255.255.0. sangat buruk buat CCTV yang dulunya dibuat beda net id.

Victor,

ATK AMALIA said...

Just share,saya lg ngerjain cctv yg pake hg532.dan emang bikin mumet bgt smpe pelanggan saya kecewa.dan kayanya ini emang marketingnya dari speedy sendiri untuk pake no port khusus yg cuma speedy doang yg tau.sebelumnya pelanggan saya ini pakai port 15961.mohon infonya ya untuk selanjutnya.

LKP Star Komputer said...

Modem ini memang tidak bersahabt sama sekali. aku gabung denga router mikrotik selama se minggu gak berhasil juga. Bikin pusing nih modem

LKP Star Komputer said...

Modem ini memang tidak bersahabt sama sekali. aku gabung denga router mikrotik selama se minggu gak berhasil juga. Bikin pusing nih modem

Unknown said...

qw baru saja ngotak ngatik modem in bro .. saya setting buat cctv awal nya bsa stelah modem di reboot atau di restart cctv ane gak bsa saya akses dari luar.. dan saya cek di DDNS saya ternyata gk update ip nya bro... tolong di bantu ya broo...
untuk settingan saya sbgberikut...
Remote hosts:IP DVR
external start port:PORT DVR
external end port:PORT DVR
internal host:IP DVR
internal port:PORT DVR
mapping name:

Unknown said...

saya habis otak atik modem ini bro buat cctv ,. sudah qw setting.. awal nya bisa tp stelah modem qw restart buat konek cctv gagal lg..
ternyata DDNS saya gk update ip modem nya ... tolong di bantu bro buat settingannya..
settingan saya:
remote host: IP DVR (192.168.1.203)
external start port: PORT DVR (15961)
external end port: PORT DVR (15961)
internal host: IP DVR (192.168.1.203)
internal port: PORT DVR (15961)
mapping name: CCTV

untuk DDNS:

dyns.org
host: cctv
domain: xxxxxx.dyndns.tv
user name: user dyns
pasword: pasword dyns

Anonymous said...

Ternyata seteleh di restat modemnya baru bisa gan

Anonymous said...

Nanya Polos.. Ngrubah DNS Googlenya dimana ya?

Unknown said...

@Mark. Untuk setting di dvr tetap pake PPPOE ya Gan?
Trus untuk IP DVR kan blank kalo dipilih settingan PPPOE di DVR nya. jadi bagaimana menentukan port DVR ya?
Terima kasih.

Anonymous said...

Wowwwww MAKASIH berat para MASTER akhir nya bisa juga setting dvr via speedy modem HG532e ngikutin petunjuk blog ini dan comentnya, domain saya pake i-dvr.net port dvr pake 8080, buka nya pake iWatchDVR from iphone, thanks alot, blog ini sangat membantu :D

Dhias (The Ace) said...

ada yg tahu password telnet untuk modem ini ? ? ?
saya coba semua kombinasi di atas g ada yg jalan

Mari Berbagi Pengalaman said...

Ya..bener banget yg dibilang mas decky polii, ternyata speedy membuat otoritas/batasan pada menu webconfig modem, yang biasa pake ID dan Pass : admin ternyata featurenya terbatas (entah dengan maksud dan tujuan apa), tapi klo pengen setting untuk port forward CCTV gunakan ID : support dan Pass : theworldinyourhand maka terbukalah semua feature yg ada di modem huawei tsb. untuk langkah2nya sudah dijelasin diatas. Thx 4 All....

Unknown said...

mas mas maaf bukan nya saya ga mau ikut campur..
kami teknisi / setter telkom speedy.
hanya mau bilang kalo kalian mau bisa koneksi internet pake port 1,2,3,4 semmua nya bisa..
tapi karna huawei bekerja sama oleh telkom maka nya semuanya sudah si set dari pusat...
mengenai cara mengkoneksi'kan port" tersebut gampang pertama
1.kalian semua masuk ke IP modem : 192.168.1.254
2.isi id dengan:support dan password nya : theworldinyourhand
3.lalu clik di basic.
4.kan keluar langsung wan.
5.bacaan INTERNET_TR069_R_0_35 hapus yang no ip addres baru ceklist juga yang 3 dan 4 nya baru di test tapi setelah di save
slamat mencoba

admin said...

Wah master setternya ikut nimbrung juga. Terima kasih banyak atas atensinya. Sebenarnya saya sudah berhasil mengaktifkan semua port LAN 1 s/d 4, cuma saya belum sempat untuk update artikel diatas.

Unknown said...

Bang ada yang mau bantu buat dampingin saya ngarahin setting ini modem
soalnya kemarin tereset modem saya , mohon dibalas secepatnya

Ilham said...

Awalnya sempet bingung setting online CCTV lewat produk terbarunya milik Telkom, yakni Huawei.
sampai pusing, otak-atik sendiri tapi ndak bisa-bisa.
pelanggan pun mengeluh

Golden CCTV said...

Salam kenal, mohon pencerahan setting cctv via huawei HG8245A

Anonymous said...

cara ssh nya pake username / password apa gan ? kok kedua duanya kagak mau

medancctv said...

saya sudah pernah tuh setting modem ini. tidak ada masalah... saya juga agak lupa. cara menambahkan port mappingnya jangan manual. tetapi ada menu otomatis yang mengaktifkan route nya.

Anonymous said...

tolong medancctv bagaimana mengurus nat secara auto.. tolong di inget2... coz saya masih terkendala membuka port 8081 buat web server... kalo ada sekalian tuts nya.. terimakasih

Anonymous said...

mau tanya sama para master. untuk modem Huawei HG8245 settings nya gimana,maklum newbie thak buat para master2 sebelum nya

Anonymous said...

solusi paling ampuh,, dengan mikrotik,,, aman dan terkendali

Anonymous said...

Tolong para master, bagaimana setting cctv dengan modem HG8245. Thanks sebelumnya

Anonymous said...

sekadar share untuk modem seri HG8245 ONT (fiber) dyndns gak bisa update,harus setting DMZ baru bisa jalan.
dyndns di set di DVR

Unknown said...

Thanks gan infonya mudah2an berhasil setting sendiri, pakai jasa orang hampir sebulan sekali kena palak, setiap setting atau ada masalah kena 250rb, nyesek jadinya

Smart TV Box Manado said...

maaf OOT, bisakah kah modem huawei hg532e ini, di ubah menjadi AP,.. rencananya mau buka hotspot di rumah tapi pake billing...terima kasih bantunannya.. Salam..

Unknown said...

saya mampir sini karena susah ngutek DVR di router ini. gan "AnonymousMarch 15, 2014 at 9:16 PM" sangat membantu. makasih gan, udah beres sekarang:
setting DMZ + setting Port Mapping + setting port Trigger (kayknya pointnya di start external dan internal port : 5445)
It Works !!! :)

Post a Comment

Maaf jika ada pertanyaan yang tidak saya jawab, dikarenakan kesibukan penulis yang tidak memungkinkan untuk selalu online. Dan mohon maaf untuk iklan dengan terpaksa saya hapus.