Saturday, December 15, 2012

HD-SDI, Evolusi CCTV Analog

HD-SDI

HD-SDI atau High Definition � Serial Digital Interface, merupakan standar interface video yang memungkinkan transmisi data hingga 1,485 GBit/s. HD-SDI digunakan untuk transmisi video broadcast-grade.Implementasi interface HD-SDI di bidang cctv surveillance dikenal dengan HDcctv.

Transmisi data video pada HD-SDI sangat masif yaitu 1,485 GBit/s, tidak terkompresi, tidak terenkripsi, kabel yang digunakan tetap kabel coaxial sehingga proses upgrade dari cctv analog ke HDcctv mudah. Hal ini dikarenakan topologi HDcctv sama dengan cctv analog. Ada satu hal yang harus diperhatikan, yaitu maksimal panjang kabel RG-59 adalah 100 meter.

Adapun resolusi kamera HD-SDI (HDcctv) adalah 720p dan 1080p. 720p = 1280 x 720, dan 1080p atau Full HD adalah 1920 x 1080.Karena perbedaan interface video antara cctv analog dan HD-SDI maka saat output HD-SDI dihubungkan ke DVR cctv analog maka tidak akan tampil apa-apa karena diperlukan DVR dengan interface video input HD-SDI. Sehingga pada kamera HDcctv disediakan 2 output, salah satunya untuk sistem cctv analog.

Vendor yang mengembangkan HDcctv masih terbilang sangat terbatas, walaupun ada beberapa kamera yang sudah HDcctv tetapi DVR yang diproduksi masih cctv analog. Bisa dibilang HDcctv masih kurang populer dibanding IP Camera.

Dari sisi harga semoga saja di bawah IP camera. Karena suka atau tidak, harga per-1 IP camera masih terlalu tinggi. Dengan 1 IP camera tersebut customer rumahan bisa membeli sistem cctv analog lengkap.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

 

Share This!