18 November 2012

Jarak Maksimum Kabel Power Kamera CCTV

Hampir semua kamera cctv menggunakan tegangan sumber 12VDC. Padahal sebenarnya ada 2 rating tegangan.yaitu 12VDC dan 24VAC. Idealnya, pemasangan power supply pada sistem cctv adalah 1 kamera disupply oleh 1 adaptor tanpa adanya penambahan panjang kabel. Tetapi kondisi dilapangan seringkali berbeda. Penambahan panjang kabel power supply harus dilakukan tatkala sumber listrik 220VAC letaknya berjauhan dengan kamera. Salah satu cara agar tegangan power supply dapat didistribusikan dengan baik adalah dengan cara menggunakan kabel yang berpenampang lebih besar (diameter kabel lebih besar).

Biasanya kabel yang digunakan untuk menambah panjang adalah kabel telepon. Hasil pengukuran menunjukan diameter kabel telepon adalah sekitar 0,55 mm. Berapakah maksimal panjang kabel telepon jika digunakan sebagai penghantar tegangan power supply adaptor? Untuk lebih jelasnya lihat chart/gambar di bawah ini.

tabel jarak masimal kabel power cctv

Chart diatas berdasarkan drop tegangan sebesar 10% dari sumber tegangan ke kamera.

Minimum arus adaptor/power supply kamera cctv di pasaran adalah 500 mA. Dan banyak juga yang 1000 mA/1A. Maksimal panjang kabel telepon jika adaptor dengan tegangan  12VDC dan arus 500 mA adalah 65 meter. Semakin besar arusnya maka semakin pendek maksimum jaraknya. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa untuk mengalirkan arus yang lebih besar diperlukan saluran hantar yang besar juga. Jadi jika ditemukan drop tegangan di lapangan, jangan langsung mengganti power supply dengan rating arus yang lebih besar. Bisa jadi kabel yang digunakan terlalu kecil. Untuk kabel telepon 2 pairs (4 kabel), manfaatkan 2 kabel lainnya sehingga saluran penghantar menjadi lebih besar.

Artikel ini saya sadur dari www.2mcctv.com semoga dapat bermanfaat untuk para pembaca dan tentunya untuk saya.

2 komentar:

Lenovo Termurah said...

masih bingung nih harus bagaimana, tapi thank's deh atas infonya

http://www.armaila.com/2015/03/lenovo-a208-harga-hp-lenovo-termurah-rp-358000.html

Andy H Nasution said...

Mantap artikelnya, kunjungi juga website blog kami di Panjang maksimum kabel UTP pada jaringan LAN

Post a Comment

Maaf jika ada pertanyaan yang tidak saya jawab, dikarenakan kesibukan penulis yang tidak memungkinkan untuk selalu online. Dan mohon maaf untuk iklan dengan terpaksa saya hapus.