22 January 2018

Apa Itu Mode Rekaman Motion Dan Sensor Detection? Berikut Penjelasannya!

dvr-uvr-spc

Pada alat perekam kamera cctv (DVR), ada 3 mode record/perekaman. Istilah mode perekaman ini bisa berbeda antara satu merk dengan lainnya. Ke-3 mode rekaman tersebut adalah:
  1. Continuous.
  2. Motion Detection.
  3. Sensor Detection. 
Mode Continuous, DVR akan merekam secara berkesinambungan selama 24/7 (24 Jam, 7 hari). Oleh karena itu diperlukan hard disk (HDD) yang handal dan khusus untuk keperluan cctv. 
.
Mode Motion Detection dan Sensor Detection disebut juga dengan mode perekaman Event (Event Mode Recording). Artinya DVR hanya akan merekam pada saat ada event (kejadian) tertentu. Event seperti apakah yang dimaksud? 
motion-detection-on-cctv

Pada mode perekaman Motion Detection, event yang dimaksud adalah pergerakan objek pada gambar. Baik itu pergerakan orang, mobil, bahkan laba-laba yang sedang berjalan di depan lensa kamera pun merupakan event motion. Dan interferensi juga dianggap pergerakan. Karenanya pastikan gambar kamera benar-benar kinclong tidak ada interferensi untuk menghindari settingan yang mubazir.
.
Event yang dimaksud pada mode rekaman Sensor Detection adalah rekaman yang terjadi akibat adanya aktivasi pada alat tambahan berupa sensor alarm. Sensor alarm seperti apakah yang dimaksud? Salah satunya adalah PIR (Passive Infra Red), atau juga bisa berupa MC (Magnetic Door) yang dipasang pada kusen dan daun pintu. Perlu pembaca ketahui, untuk menggunakan mode ini diperlukan DVR khusus yang mempunyai fitur input-output alarm. Dan biasanya harganya lebih mahal.

pir-passive-infra-red-cctv

Penggunaan mode record berdasarkan event ini biasanya untuk menghemat ruang hard disk. Jadi DVR hanya akan merekam saat ada aktivasi event/kejadian. Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Berikut uraiannya.


Recording Motion Detection.

  1. Untuk mengaktifkan motion detection tidak diperlukan alat tambahan.
  2. Settingan relatif mudah, biasanya ada menu untuk enable/disable, sensitivitas, dan terakhir scheduling/penjadwalan kapan saja mode rekaman motion detection ini akan aktif.
  3. Ada settingan region, dimana settingan ini memungkinkan hanya area tertentu saja yang dapat memicu perekaman.
  4. Motion detection sangat tergantung pada tingkat kecerahan dan kebersihan (clarity) gambar. Karenanya tidak bisa digunakan pada kamera dengan gambar yang tingkat noise/interferensi-nya tinggi. Noise/interferesni pada gambar akan dianggap pergerakan oleh DVR walaupun tidak ada objek yang bergerak.
  5. Motion detection tidak bisa digunakan pada ruangan gelap.
  6. Penggabungan dengan fitur notifikasi email sangat sulit, karena DVR akan terus-menerus mengirim email saat ada pergerakan.

Recording Sensor Detection.

  1. Akurasi deteksi tidak tergantung pada kecerahan/kebersihan (clarity) gambar tetapi tergantung kepada sensor alarm yang digunakan.
  2. Bisa digunakan pada ruangan gelap dan bisa dikombinasikan dengan siren alarm. Contoh, saat ada orang yang masuk pada ruangan yang gelap, DVR akan terpicu oleh sensor untuk langsung merekam. Selain itu DVR juga akan mengaktifkan output sensor yang memicu siren alarm untuk bunyi.
  3. Diperlukan alat tambahan untuk mengaktifkan fitur ini, contohnya PIR (Passive Infra Red).
  4. Settingan relatif sulit, karena diperlukan pengetahuan tambahan di bidang elektronik.
  5. Sangat cocok dan relatif mudah digabungkan dengan fitur notifikasi email. DVR akan mengirimkan email saat sensor terpicu.

Salah Satu Contoh Wiring Sensor Detection.

wiring diagram sensor detection

Jika pembaca ada pertanyaan seputar pemasangan silahkan isi dikolom komentar atau langsung email kami. Insya Allah kami bantu, mau konsultasi dulu? Silahkan, apalagi dilanjut PEMASANGAN CCTV, kami siap bantu. Atau CCTV ANDA BERMASALAH dan PERLU CCTV DI SERVICE? Contact saja kami via whatsapp di 0898-6495-447.
.
Sekian postingan kali ini.
Artikel ini merupakan adaptasi dan perbaikan dari blog saya yang lain.
Silahkan share sekiranya bermanfaat!

4 comments:

  1. Ehwansah JailaniMay 16, 2013 at 9:09 AM

    wahhh jadi tambah pengalaman nih..... mkasih ya son.. udah share....

    ReplyDelete
  2. mantaaaab mas artikelnya moga makin ramai visitornya salam kenal www.rentalmekarjaya.com

    ReplyDelete
  3. thanks sharenya www.cctvkamera.net

    ReplyDelete
  4. I really appreciate your blog and very nice and interesting information about the Locksmith Brisbane West that's really good.

    ReplyDelete

Maaf jika ada pertanyaan yang tidak saya jawab, dikarenakan kesibukan penulis yang tidak memungkinkan untuk selalu online. Dan mohon maaf untuk iklan dengan terpaksa saya hapus.