02 March 2014

Alternatif Penggunaan Fitur 3G DVR Dengan Email Notification

Ada beberapa tipe DVR dari berbagai brand yang mempunyai fitur 3G. Fitur 3G yang dimaksud adalah fitur penggunaan modem USB sebagai jalur internetnya. Fitur ini akan sangat bermanfaat untuk pemasangan cctv di daerah yang tidak terjangkau oleh instalasi ADSL seperti Speedy.

3G dan Email Notification

Saya kira kita sepakat, koneksi internet yang nyaman digunakan adalah Speedy. Nyaman yang saya maksud adalah dari sisi settingan. Soal cepat, stabil atau yang lainnya itu relatif. Koneksi internet 3G pada awal kemunculannya cukup memberikan harapan yang tinggi. Saya sempat beberapa kali berhasil menggunakan 3G sebagai jalur koneksi aksesing DVR. Sebut saja Flash dari Telkomsel ataupun koneksi 3G dari provider 3 (Three).

Sekarang, hampir semua provider menutup jalur lalu lintas data dari luar alias sudah tidak mungkin untuk melakukan port forwarding (open port). Selain penggunaan IP address Publik yang dishared oleh provider 3G, semakin banyaknya pengguna 3G mungkin menjadi bahan pertimbangan, cmiiw.

Implementasi Notifikasi Email dan 3G 
Pun artikel kali ini tidak akan membahas tip dan trik open port pada koneksi 3G. Saya akan berbagi hasil review pengetesan notifikasi email pada DVR Dahua DH-HCVR5108H. Pada pengetesan kali ini saya menggunakan 2 modem USB berbeda brand yaitu:

  1. Modem USB Huawei E220, the legend one.
  2. Modem USB Flash Telkomsel Wellcomm.

Ada 2 port USB, di belakang dan depan panel DVR. Keduanya berhasil mendeteksi ke-2 modem tersebut dengan baik (saya test satu per-satu tidak berbarengan). Dengan sedikit settingan (setting APN dan nomor dial), modem langsung terkoneksi ke internet. Berikut snapshotnya.

settingan 3G

Setelah itu saya aktifkan fitur notifikasi emailnya sebagai berikut.

settingan email notification

Dan tidak lupa untuk mengatur mode record motion detect. Dengan diaktifkannya motion detection maka saat ada pergerakan pada kamera, DVR akan langsung mengirim email beserta attachment gambar. Berikut settingannya.

settingan motion detect

Sebenarnya fitur email notification akan lebih efektif lagi jika menggunakan sensor alarm sebagai pemicunya. Contoh sensornya adalah PIR (Pasive Infra Red). Jadi DVR akan mengirim email+attachment saat sensor mendeteksi adanya orang. Berikut email yang diterima beserta attachmentnya (tidak saya resize, ukuran sebenarnya).

email notification with attachment

attachment

Kesimpulan

  1. Koneksi internet 3G masih belum ideal (tidak bisa) digunakan untuk aksesing DVR (remote view) via internet.
  2. Penggabungan fitur notifikasi email dan 3G didesain supaya DVR melapor setiap ada pergerakan, baik itu pergerakan yang dipicu oleh motion detect ataupun sensor.
  3. Gunakan email dari Gmail sebagai recipient (penerima) mengingat kapasitasnya yang sangat besar, dan atur supaya email client untuk menghapus email di inbox secara berkala.
  4. Fitur ini bisa juga disebut dengan Push Video.

Sekian artikel kali ini. Jika ada pertanyaan, kritik, ataupun masukan lainnya silahkan dishare di kolom komentar.

2 comments:

  1. Selamat Siang.. sy masih belum mngerti tentang settingan SMTP yang ditulis di atas.. mohon pencerahannya bro.. makasih.

    ReplyDelete
  2. Permisi selamt siang, sy masih belum menegrti tentang settingan SMTP yang ada di tulisan di atas..
    mohon pencerahannya, broo.. makasih

    ReplyDelete

Maaf jika ada pertanyaan yang tidak saya jawab, dikarenakan kesibukan penulis yang tidak memungkinkan untuk selalu online. Dan mohon maaf untuk iklan dengan terpaksa saya hapus.