21 June 2015

Rekam IP Camera Dengan DVR Analog Dahua

DVR Hybrid dapat merekam kamera cctv analog dan IP camera sekaligus. Dulu tidak banyak orang yang menggunakannya mengingat harganya yang relatif mahal. Selain harga yang menjadi pertimbangan, proses migrasi dari cctv analog ke IP camera relatif  lebih sulit dibandingkan migrasi cctv analog ke HD over coax. Diakui atau tidak, para teknisi cctv masih mengalami kesulitan saat instalasi dan konfigurasi.

Sekarang, dengan kemunculan HD over coax DVR hybrid sudah menjadi hal biasa. FYI, semua DVR analog series Dahua sudah bisa merekam IP camera dengan beberapa limitasi/batasan. Kabar baik untuk pengguna lama, DVR cctv analog anda firmwarenya dapat di upgrade ke versi terbaru yang dapat merekam IP camera. Maaf saya hanya bisa membantu upgrade firmware jika anda membeli langsung dari kamerapengintai.com atau dari www.tukangcctv.top.

Snapshot di bawah adalah menu DVR Dahua dengan firmware lama (dominan warna abu tua).


Jika sudah di upgrade, maka tampilan menunya akan dominan biru seperti gambar berikut. auto generated to trackdown dcma,anaqi


Settingan default DVR, IP Camera belum bisa ditambakan ke sistem ada tipe channel yang harus  diubah ke digital (IP Camera). Untuk mengubah tipe channel klik menu SETTING -> CAMERA -> VIDEO TYPE. Berikut menunya.


Berikut penjelasan berdasarkan menu diatas.
  1. DVR bisa merekam 4 channel kamera analog (settingan default pabrik).
  2. DVR bisa merekam 3 channel kamera analog dan 1 channel IP Camera dengan maksimum resolusi 1,3 Mp (720p).
  3. DVR bisa merekam 2 channel kamera analog dan 2 channel IP Camera dengan resolusi maksium 1,3 Mp (720p) atau DVR bisa merekam 2 channel kamera analog dan 1 channel IP Camera 2,4 Mp (1080p). IP Camera 2,4 Mp mengambil jatah 2 channel analog.
Adapun one line diagram atau koneksi DVR dengan IP Camera adalah sebaga berikut.

Setelah menu VIDEO TYPE, IP Camera dapat ditambahkan ke system agar dapat direkam DVR melalui menu REMOTE (lihat gambar sebelumnya). IP Camera akan terdeteksi secara otomatis, klik tombol Add dan DVR akan segera merekam. Jika DVR tidak dapat mengenali/mendeteksi IP Camera gunakan software ConfigTool untuk mengatur settingan IP Addressnya, lebih jelasnya baca disini tentang ConfigTool.


Kesimpulan.
  1. Semua tipe DVR analog maupun DVR HDCVI Dahua dengan firmware terbaru sudah mempunyai fitur Hybrid ini.
  2. Penambahan IP Camera akan mengurangi channel analog.
  3. IP Camera dengan resolusi 1080p "memakan" jatah 2 kamera analog.
  4. Diperlukan switch tambahan untuk merekam IP Camera.  
 Sekian artikel-cctv kali ini. Stay tune masih banyak artikel yang akan saya posting.





2 comments:

Maaf jika ada pertanyaan yang tidak saya jawab, dikarenakan kesibukan penulis yang tidak memungkinkan untuk selalu online. Dan mohon maaf untuk iklan dengan terpaksa saya hapus.