02 June 2015

Review Corridor Mode Pada Dahua NVR4408-8p

Setelah sekian lama tidak memposting, akhirnya Alhamdulillah hari ini bisa menambah artikel cctv yang baru. Dan ada kategori baru di blog ini yaitu Dahua Lab. Kategori ini khusus saya buat untuk mengulas semua fitur, settingan, dan hal lainnya pada produk Dahua. Kenapa Dahua? karena saat ini penulis telah resmi memasarkan produk Dahua. Walaupun begitu penulis bersedia untuk membantu para pembaca yang menggunakan brand lain jika menemui kesulitan. Artikel kali ini akan saya review sedikit fitur Corridor Mode pada NVR Dahua Beneficio Series, tepatnya tipe NVR4408-8p. Ok, let's go and happy reading!


Apa itu Corridor Mode?

Sering kali saat pemasangan kamera cctv menemukan area gang/koridor yang lumayan panjang. Karena keterbatasan cakupan dan view angle kamera, gambar yang dihasilkan pun tidak optimal dan menyebabkan adanya area yang tidak ter-cover kamera. Contohnya seperti gambar berikut.

Ataupun seperti gambar berikut.

Idealnya gambar area koridor yang dihasilkan oleh kamera adalah seperti ini.



Kalaupun menggunakan dua kamera maka akan ada 2 channel DVR yang terpakai dan gambarnya akan seperti ini.



Bagaimana Cara Kerja/Settingan Corridor Mode?

Sebenarnya bisa saja dihasilkan gambar yang diinginkan dengan memutar posisi kamera seperti berikut.

Walaupun gambar yang diinginkan terpenuhi akan tetapi gambarnya akan terbalik (posisi horizontal) seperti gambar di bawah.

Dengan fitur Corridor Mode pada NVR Dahua NVR4408-8p, gambar terbalik (horizontal) tersebut bisa diputar 90 derajat. 

Di NVR tidak ditemukan menu yang secara eksplisit mengaktifkan Corridor Mode. Fitur ini bisa ditemukan di menu berikut (lihat gambar dibawah). Pada menu dropdown Flip pilih opsi 90 derajat. Otomatis gambar yang terbalik (hosrizontal) akan berubah tegak (vertikal).

Dan jangan lupa untuk memberi tanda centang pada opsi Original Scale pada menu dibawah. Opsi tersebut berfungsi agar NVR menampilkan gambar yang telah di Flip pada ukuran sebenarnya, jika dihilangkan tanda centang maka gambar tersebut akan memenuhi seluruh layar (gambar akan di-stretch).
  

Berikut gambar kamera sebelum menu Flip diubah (masih No Flip).

Dari gambar diatas terlihat sangat jelas gambar belum berubah masih dalam posisi horizontal. Dan berikut setelah menu Flip diubah ke 90 derajat.


Berikut tampilan pada software client SmartPSS sebelum dan sesudah opsi menu Flip diubah.


Oiya, satu hal yang harus diperhatikan adalah gambar kamera yang bisa diubah hanya gambar dengan resolusi 720p ke bawah. Resolusi gambar diatas 720p tidak bisa diubah/diflip.

Kesimpulan
  1. Fitur Corridor Mode ditujukan untuk pemasangan kamera pada area gang/koridor walaupun tidak menutup kemungkinan diaplikasikan pada area seperti pada contoh di artikel ini.
  2. Fitur Corridor Mode hanya ada pada NVR tidak yang lain. Semoga tipe lainnya (Analog dan HDCVI) menyusul kalau memungkinkan. 
  3. Menu Corridor Mode secara eksplisit tidak ada di menu NVR tapi bisa diaktifkan di menu opsi Flip.
  4. Corridor Mode hanya bisa berfungsi pada kamera dengan resolusi maksimal 720p.
Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat. Silahkan isi kolom komentar jika ada pertanyaan atau kritik.

2 comments:

  1. mantabss gan ...

    oiya izin share ya Penjualan dan Pemasangan Kamera CCTV CCTV Palembang

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Maaf jika ada pertanyaan yang tidak saya jawab, dikarenakan kesibukan penulis yang tidak memungkinkan untuk selalu online. Dan mohon maaf untuk iklan dengan terpaksa saya hapus.