12 October 2016

HDCVI, Teknologi HD Over Coax Paling Matang!

Jauh sebelum saya membuat tulisan ini saya telah memposting tulisan pendahuluan tenang HDCVI disini. Dulu HD Over Coax tidak seramai sekarang. Bahkan istilah HD sering kali digunakan dengan salah kaprah. Dan alhamdulillah seiring berjalannya waktu rekan-rekan yang bergelut di dunia cctv sudah mulai memahami apa HD CCTV itu sendiri.

pentabird

HDCVI atau High Definition Composite Video Interface, adalah teknologi HD Over Coax yang dikembangkan oleh Dahua pabrikan CCTV dari China. HDCVI dikembangkan untuk mengatasi kekurangan solusi HD SDI. Para pembaca bisa mereview apa saja itu disini

HDCVI Gen.3

Saat tulisan ini dibuat teknologi HDCVI sudah mencapai teknologi HDCVI Generasi Ke-3. Dan menurut saya solusi HDCVI yang diusung oleh Dahua jauh lebih matang daripada teknologi AHD dan HDTVI. No offense, ini opini pribadi saya. Berikut alasannya.
  1. Banyaknya accessories atau solusi distribusi video yang tersedia. Seperti HDCVI Optical Transceiver, Video distributor, HDCVI Converter, POC Transceiver, HD Video Isolator. Untuk lebih jelasnya sila buka link ini. Yang paling menarik adalah HDCVI Optical Transceiver, karena rekan-rekan penggiat cctv sekarang sedang gencar-gencarnya mempelajari FO (Fiber Optic). Klop bukan?accesories hdcvi
  2.  Tahukah anda HDCVI Generasi Ke-3 sudah support resolusi 4MP/4K?
    4MP 4K HDCVI
  3. Pernah dengar CCTV Single Coax? Kalau baru mendengar atau baca saya bisa pastikan anda pemain baru cctv. Silahkan googling apa itu cctv single coax. Sekarang HDCVI sudah bisa single coax dengan istilah yang berbeda, Dahua menyebutnya PoC (Power Over Coax). Ya power yang dirambatkan bersamaan dengan sinyal video, teoritisnya dengan cara ini video yang dirambatkan akan lebih tahan terhadap interferensi. 
    POC power over coax
  4. Intelligence CCTV atau Smart CCTV tidak lagi hanya dimiliki oleh IP Camera, HDCVI Gen. 3 sudah memiliki fitur ini.intelligence HDCVI
  5. Last but not least. HDCVI support 5 teknologi. HDCVI, HDTVI, AHD, Analog, dan IP Camera.
Menarik untuk diikuti persaingan 3 teknologi ini, dimana HDCVI digempur oleh HDTVI yang nota bene side by side dengan AHD. Ketiganya bukan tanpa kekurangan, setiap kali melaunching fitur terbaru akan selalu ada bugs. Dan kabarnya akan ada penambahan 2 teknologi baru disamping ketiga teknologi tersebut. Pilihan ada ditangan para installer, customer mah ngikut installer yang pinter ngejelasin aja.

Kesimpulan

  1. HDCVI yang dikembangkan oleh Dahua merupakan teknologi HD Over Coax yang paling matang.
  2. Fitur teknologi HD Over Coax semakin mendekati fitur IP Camera yang diklaim sebagai teknologi future proof.
  3. Harga HDCVI semakin murah dan semakin kompetitif dengan AHD. Well, saya lebih memilih HDCVI yang jelas pengembang nya dibanding dengan AHD.
  4. HDCVI Gen.3 semakin mendekati teknologi ideal CCTV seperti analog, dimana tidak lagi terkendala kompatibilitas merk dan teknologi. Lah HDCVI support 5 teknologi.
Tulisan diatas hanya opini saya dan semoga membantu para pembaca untuk memutuskan memilih cctv yang akan dipasang dan dipasangkan. Kalau ada pertanyaan seputar produk HDCVI, para pembaca membutuhkan produknya dengan harga spesial, khusus harga pembaca blog saya silahkan kotak saya via email. 

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk share artikel saya ini, cukup dengan mengklik icon di sidebar sebelah kiri atau di bawah ini.

0 komentar:

Post a Comment

Maaf jika ada pertanyaan yang tidak saya jawab, dikarenakan kesibukan penulis yang tidak memungkinkan untuk selalu online. Dan mohon maaf untuk iklan dengan terpaksa saya hapus.