07 October 2016

HDTVI, CCTV HD Over Coax Seribu Umat?

Apa Itu HDTVI?

HDTVI atau High Definition Transport Video Interface dikembangkan oleh Techpoint, perusahaan yang membuat semikonduktor di Amerika. HDTVI muncul setelah AHD dan HDCVI terlebih dulu beredar di pasaran cctv.

apa itu HDTVI

Sama seperti kompetitornya, HDTVI dikembangkan untuk mengatasi kekurangan pada cctv sistem analog. Baik AHD, HDCVI, dan HDTVI, pada awal kemunculannya masih dibarengi dengan berbagai kekurangan dan kelebihan. Seiring berjalannya waktu baik AHD, HDCVI, dan HDTVI nyaris mempunyai fitur yang sama persis.

Berbeda dengan HDCVI, HDTVI menganut sistem terbuka. Siapapun bisa mengembangkan chipset nya. Karena sistem yang terbuka tersebut banyak pabrikan lebih memilih sistem ini. Dan pada gilirannya akan tercipta kompatibilitas yang sangat tinggi antar merk yang berbeda, persis dengan cctv analog jadul. Apapun merk DVR atau kameranya sistem tetap dapat berfungsi dengan baik.

Hikvision, The Next Avtech?

Hikvision adalah salah satu pabrikan Tiongkok yang mengadopsi HDTVI. Dan secara tidak langsung menciptakan polarisasi antara kubu HDTVI dan HDCVI, dimana HDCVI diusung oleh Dahua yang notabene merupakan pabrikan swasta di Tiongkok, dan HDTVI diusung oleh Hikvision pabrikan cctv milik pemerintah Tiongkok. Karena didukung oleh pemerintah, tidak heran produk Hikvision lebih mudah dalam distribusi pasar. Dan seperti yang terlihat sekarang, Hikvision  adalah the next Avtech, produsen cctv yang nama merknya mirip dengan merk cat tembok.

Hikvision Turbo HD

Kalau ada yang menanyakan apakah lebih baik HDTVI dibanding HDCVI itu sebenarnya balik lagi ke personal masing-masing. Banyak faktor yang mempengaruhi opini masing-masing. Seperti kualitas kabel, pencahayaan, dan bahkan selera yang melihatnya, apakah lebih suka yang dominan terang atau genjreng warnanya, atau suka naturalis?

Saya sendiri lebih menyukai HDCVI, selain gambarnya yang baik menurut saya juga menu navigasi DVR nya yang technician friendly.

Jangan harap para pembaca menemukan tag atau kata HDTVI di website Hikvision, karena Hikvision menamai produk HDTVI nya dengan Turbo HD. 

Seperti yang saya paparkan sebelumnya di artikel ini, resolusi AHD untuk sementara mentok di FHD (Full HD) atau 2 MP. Turbo HD, HDTVI-nya Hikvision sudah ada line up produknya yang mempunyai resolusi 3 MP. Tahukah pembaca? Chipset HDTVI dikembangkan untuk bisa menghasilkan resolusi sampai dengan 8 MP. Well, kita tunggu saja kelanjutannya.

HDTVI Chipset

Kesimpulan

  1. HDTVI bukan teknologi HD Over Coax yang pertama dan terakhir, dan bahkan akan muncul teknologi lainnya seperti ccHdtv.
  2. HDTVI dikembangkan oleh pabrikan chipset Techpoint, bukan pabrikan cctv seperti Dahua sehingga mudah dikembangkan oleh pihak ke-3 dan banyak diadopsi oleh pabrikan cctv.
  3. Hikvision mengadopsi teknologi HDTVI dan menamainya Turbo HD dengan resolusi maximum untuk saat ini mentok di 3 MP.
  4. Chipset HDTVI bisa dikembangkan untuk menghasilkan resolusi sampai dengan 8 MP
Sekian postingan kali ini semoga bermanfaat late posting tentang HD Over Coax ini.
Share jika dirasa bermanfaat. 

0 komentar:

Post a Comment

Maaf jika ada pertanyaan yang tidak saya jawab, dikarenakan kesibukan penulis yang tidak memungkinkan untuk selalu online. Dan mohon maaf untuk iklan dengan terpaksa saya hapus.