26 October 2017

Yakin IP Cam Anda ONVIF Compliant? Baca Dulu Ini

onvif_conformance
Ada yang tahu ONVIF? Apa itu dan seperti apa? Baik saya akan mencoba memaparkannya kali ini. Apa yang akan segera Anda baca ini didasari berbagai literatur baik itu pengalaman dilapangan maupun literatur di internet yang saya coba rangkum.

ONVIF adalah singkatan dari OPEN NETWORK VIDEO INTERFACE FORUM. “auto generated anaqi”  Forum ini awalnya didirikan oleh AXIS, BOSCH, dan SONY. Tujuannya didirikan forum ini adalah untuk menstandarkan interface antar Video Management System dan peralatannya.
.
Dulu setiap pabrik memproduksi IP Camera dengan protokolnya (baca: bahasa) masing-masing. Alhasil protokol (bahasa) antar pabrikan kamera berbeda-beda DAN dipastikan antara merk yang satu tidak bisa “ngobrol” dengan merk lainnya. Kebayangkan kan banyaknya pabrik IP Camera?
Hal ini (protokol/bahasa yang berbeda) membuat repot pembuat software dan alat. Kenapa? karena harus membuat driver spesifik untuk satu pabrik dengan alat yang dia punya supaya dapat saling “ngobrol”.
.
Daripada repot membuat satu persatu drivernya maka dibuatlah forum ini. Forum ini secara tidak langsung mengharuskan pabrikan “TUNDUK” atau “COMPLIANT” dengan standar-standar nya, tentunya standar ONVIF. “auto generated anaqi” Karenanya di setiap kardus IP Camera atau manualnya suka ada tulisan ONVIF COMPLIANT yang menunjukan bahwa IP Camera tersebut bisa “ngobrol” dengan ONVIF COMPLIANT lainnya.
Dengan kata lain ONVIF ini memungkinkan IP CAMERA dan DEVICE lainnya yang BERBEDA MERK bisa di-INTEGRASIKAN.
.
Sampai sini jelas ya? Ada pertanyaan? Simpan dulu ya, nanti di tulis di kolom komentar saja.
.
Apa saja yang diatur oleh standar ONVIF ini? Berikut hal-hal yang diaturnya: Konfigurasi IP, Device Discovery (bagaimana alat tersebut ditemukan/terdeteksi), pengontrolan PTZ, dan Video Analytic.
Terdapat 4 profil standar ONVIF. Profil ini mengatur kategori device yang akan distandarkan protokolnya. Saat ini di website ONVIF tercantum 6 profil, di blog ini saya coba perlihatkan 4 profil saja.
.
profil ONVIF
.
Selain PROFIL ONVIF, yang harus diperhatikan dari IP Camera yaitu VERSI ONVIF-nya. VERSI ONVIF ini mengindikasikan kemampuan/fitur apa saja yang dimiliki oleh suatu IP Camera. ONVIF PROFIL S adalah salah satu profil yang terus berkembang, salah satu fitur profil ini adalah motion detection DAN VIDEO ANALYTIC. Jika akan mengaktifkan fitu VIDEO ANALYTIC maka harus dipastikan IP CAMERA DAN NVR nya memiliki VERSI PROFIL S ONVIF yang sama. Jika salah satunya lebih rendah maka bisa dipastikan fitur tersebut tidak akan bisa difungsikan. Lebih jelasnya bisa dilihat pada tabel di bawah.
versi ONVIF
.
BRAND dan TIPE apa saja yang SUDAH ONVIF? Para pembaca bisa mengeceknya di link ini ----> CHECK ONVIF. Nah terus, kalo IP cameranya tidak tercantum di web tersebut, bagaimana cara mengetahui support tidaknya suatu IP Camera? Plus versinya? Para pembaca bisa download di link ini ----> Onvif Device Manager. Cara pakenya ga susah kok, install, dan jalankan, otomatis semua IP Camera yang terhubung ke jaringan akan langsung terdeteksi walaupun IP Addressnya berbeda segment.
.
Sekian artikel kali ini. Jika dirasa bermanfaat silahkan share.
.
Technorati Tags: ,,

4 comments:

  1. After the FTP processing starting, check the ftp path (root directory of F disk), whether there is new file folder generated and snapshots exists. CCTV for Sydney Homes

    ReplyDelete
  2. Kalau ip Camera sudah oonvif, apakah semua perangkat nvr juga support dengan kamera onvif tersebut? Terima kasih.

    ReplyDelete
  3. mas mau nanya bisa ga kamera ip dari hikvision dipake ke nvr avtech avh517?

    ReplyDelete
  4. Menarik Infornya, brsaun blei wificam support onvif bisa konke ke NVR.

    ReplyDelete

Maaf jika ada pertanyaan yang tidak saya jawab, dikarenakan kesibukan penulis yang tidak memungkinkan untuk selalu online. Dan mohon maaf untuk iklan dengan terpaksa saya hapus.