05 November 2017

Tarikan Kabel IP Camera Semudah CCTV Coax Menggunakan NVR 8 MP SPC-NVR6D08PP-M1A

NVR SPC 8 MP
Sebelum anda lanjut membaca artikel ini saya asumsikan ANDA TELAH menge-TAHU-i cara meng-CRIMPING RJ45 seperti pada tulisan ini ---> cara crimping RJ45. DAN alangkah lebih baiknya membaca juga artikel-artikel berikut:
  1. Tentang POE.
  2. Lanjutan Tentang POE.
  3. POE Injector Dan Splitter.
Tahukah anda, salah satu kelebihan cctv berbasis IP Camera adalah fleksibilitas penarikan kabel. Tidak seperti cctv berbasis kabel coax “auto generated anaqi” dimana penarikan harus home run (semua kabel dari kamera di tarik ke alat rekam/DVR), data video cctv berbasis IP Camera bisa dikumpulkan di satu atau beberapa titik bahkan bisa dipancarkan menggunakan Access Point dengan jarak kiloan meter.
.
Dan seperti yang anda ketahui, fleksibiltas selalu disertai dengan kompleksitas, alias ribet dan diperlukan ilmu tambahan. Suatu kebetulan saya mendapatkan kesempatan untuk mencoba NVR SPC-NVR6D08PP-M1A, dan tahukah anda, saat menggunakannya serasa menggunakan DVR. Menggunakan settingan default, video dari IP Camera yang dihubungkan ke port POE NVR langsung keluar tanpa melibatkan PC sedikitpun. Plug ‘N Play.
.
front rear NVR SPC

.

IP Address Default (bawaan pabrik) NVR SPC

IP Address NVR dari pabrik di set pada posisi DHCP, otomatis saat terhubung ke jaringan existing langsung mendapatkan IP Address 192.168.100.120.
IP Address untuk port POE dari pabrik di set pada segment IP Address 192.168.3.XXX. Dan IP Address ini dapat di set pada menu berikut (saya capture via software SCMS, menu di NVR kurang lebih sama berbeda tampilan saja).
.
menu ubah ip address nvr spc
.

Bagaimana IP Camera Di Hubungkan Ke NVR? (TOPOLOGI)

Saya mengkategorikan IP Camera menjadi 2, yaitu:
  1. IP Camera SPC, terhubung via protokol SPC yaitu QUVII.
  2. IP Camera Non-SPC, terhubung via ONVIF. Sudah tahu ONVIF kan? Baca dulu deh disini biar ga kudet ---> Tentang ONVIF.
NVR akan langsung menampilkan video dari IP Camera SPC sesaat setelah kamera terhubung via PORT POE. Tidak ada settingan menggunakan PC/leptop.
.
Video akan keluar pada channel yang sesuai dengan colokan PORT POE. Saat IP Camera dihubungkan ke PORT POE nomor 1 maka gambar akan keluar pada jendela nomor 1. Sekilas fitur ini biasa saja. Tahukah pembaca, saya pernah menggunakan NVR selain SPC, DAN gambar yang keluar pada jendela view tidak sesuai dengan PORT POE. Pernah saya menggunakan PORT 1 dan video yang keluar malah pada view jendela 2.
.
IP Camera Non-SPC harus menggunakan protokol ONVIF. PORT POE tidak bisa digunakan untuk IP Camera ONVIF (Non-SPC). IP Camera ONVIF bisa terhubung ke NVR melalui port LAN NVR.
.
topologi nvr spc 3
.
Supaya lebih jelas, akan saya coba uraikan menggunakan gambar supaya dapat langsung dimengerti topologi pada NVR SPC. Topologi yang boleh dan tidak boleh, tarikan kabel seperti apa yang bisa dan tidak bisa. Berikut gambar-gambarnya.
.
topologi nvr spc 2
.
Bagaimana? masih kurang jelas? Baik saya beri lagi gambar topologi yang lebih komplit. Cek ya gambar berikut.
.
topologi nvr spc 4
.
Saya coba sederhanakan hal-hal dari gambar di atas ya.
  1. Harap diperhatikan, tidak ada rute komunikasi dari LAN 1 ke LAN 2. Saat di ping dari LAN 1 ke LAN 2, maka hasilnya akan RTO alias secara logic emang ga nyambung.
  2. Pun jika dicoba ping dari PORT POE 1 ke PORT POE 2 ga akan respon juga. PORT POE masing-masing berdiri sendiri, dan hanya berkomunikasi langsung dengan NVR.
  3. PORT POE NVR hanya berfungsi UNTUK IP CAMERA SPC.
  4. IP CAMERA SPC saat dihubungkan melalui PORT POE akan otomatis menggunakan protokol QUVII.
  5. IP CAMERA NON-SPC/ONVIF bisa direkam melalui PORT LAN 1, DAN tentunya harus menggunakan POE SWITCH TAMBAHAN.
  6. IP Camera SPC SUPPORT ONVIF juga, dan bisa dihubungkan melalui PORT LAN 1.

Cara Menambahkan IP Camera ONVIF ke NVR SPC

Saya sarankan untuk instalasi baru, gunakan saja IP Camera SPC alias NVR dan kameranya satu merk. Kenapa? Untuk menghindari hassle atau ke-RIBET-an, dan supaya ga harus menggunakan laptop. Nah jika ternyata terpaksa harus menggunakan IP Camera beda brand, berikut cara menambahkan IP Camera tersebut ke NVR SPC.
  • Sebelum menambahkan IP Camera tersebut, pastikan SUDAH DIKETAHUI USER DAN PASSWORD IPC (IP Camera) ONVIF. Biasanya USER admin, PASSWORD admin. Cukup itu saja.
  • Pastikan IPC ONVIF sudah diberi power dan terhubung ke NVR SPC melalui PORT LAN 1.
  • Masuk menu NVR, dan arahkan ke menu Channel –>TAB IP Channel, klik tombol Search. NVR akan mendeteksi SEMUA IP Camera walaupun berbeda segment IP Address.
            add onvif to spc nvr
  • Perhatikan pada kolom PORT! Ingat atau catat IP Address dan port tersebut. Misal kamera tersebut akan ditambahkan di channel 4, maka klik icon bolpen disamping kanan tulisan  04[D] CAM 4. Setelah diklik akan keluar menu baru.
  • Klik tombol MANUAL. Isi IP Address, PORT, USER, dan PASSWORD. Klik OK. Sesaat akan keluar tulisan Connecting ---> menjadi ---> Connected. Selamat IPC ONVIF anda berhasil ditambahkan.

Kesimpulan

  1. Pemasangan IP Camera semakin mudah terutama SPC.
  2. Ada beberapa limitasi penarikan dan topologi pada NVR SPC. Dengan sedikit pemahaman maka fleksibilitas penarikan kabel dan design sistem akan semakin mudah.
  3. NVR SPC sudah support ONVIF versi terbaru, terlihat dari adanya menu Video Analytic.
  4. Disarankan menggunakan NVR dan IP Camera dengan merk sama, terutama SPC untuk kemudahan dan kompatibilitas.
Sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat. Jika ada kesalahan urutan atau yang lain silahkan isi kolom komentar.
.
Dan jangan lupa, SHARE jika dirasa bermanfaat!
.

2 komentar:

Unknown said...

Sy ketemu masalah dengan nvr 4 ch ga keluar gambar. Trus ay coba masuk ke menu nvr. Tapi ga bisa karena pasw udh di ganti oleh orang lain. Terpaksa sy ga bisa masuk menunya karena ga tau pasw. Pertanyaan apakah pasw bisa di reset at gimana gan.

putra said...

UVR7508RM-D583 bisa jadi ip cam brapa channel ya kak? saya butuh ipcam nya aja

Post a Comment

Maaf jika ada pertanyaan yang tidak saya jawab, dikarenakan kesibukan penulis yang tidak memungkinkan untuk selalu online. Dan mohon maaf untuk iklan dengan terpaksa saya hapus.