12 January 2018

Power, Video, Dan Audio Dalam Satu Kabel Menggunakan PoC

Apa Itu PoC (Power Over Coax)

Kita mengenal PoE dalam IP Camera. Tau kan PoE? Kalau belum coba baca disini --> PoE. Dengan PoE, teknisi cukup menarik 1 kabel UTP CAT5 untuk transmisi Video, Suara, Control, dan bahkan Power (tegangan). Selain jadi lebih irit biaya material instalasi, pun hasilnya lebih rapih. Pertanyaan nya, apakah mungkin cctv berbasis kabel coax tarikan kabelnya hanya menggunakan SATU  KABEL COAX saja? BISA! menggunakan teknologi PoC (Power over Coax).


Dengan PoC, TAK HANYA VIDEO yang dirambatkan, pun POWER, SINYAL CONTROL dan AUDIO pun bisa. Selain tarikan lebih irit dan rapi, sinyal video akan lebih tahan gangguan interferensi, karena video secara tidak langsung telah dimodulasi (dibungkus) dengan sinyal lainnya.

MERK apa saja yang bisa PoC? Vendor pertama yang mengeluarkan teknologi ini adalah Dahua, dan Hikvision menyusul kemudian. Merk selain itu bagaimana? Saya belum menemukan vendor lainnya yang secara eksplisit mendukung teknologi PoC ini.
Apa saja yang diperlukan agar bisa menggunakan teknologi PoC ini? 
Jika pemasangan baru, maka kamera dan DVR-nya bisa menggunakan yang sudah BUILT-IN PoC. Dengan kamera dan DVR seperti ini, maka tidak diperlukan tambahan alat lain lagi, cukup satu tarikan kabel coax. Berikut contoh kamera dan DVR Dahua yang support PoC.



Dan gambar di bawah adalah kamera Hikvision yang support PoC.


Wiring Sistem PoC

Bagaimana jika sistem yang sudah ada ingin menggunakan PoC? Apa memungkinkan? Jawabannya bisa! Dengan menggunakan PoC Transceiver. PoC Transceiver tersedia untuk instalasi single kamera dan mulitple kamera. Lebih jelasnya sila lihat gambar Transceiver PoC (merk Dahua) untuk single camera berikut.


Bagaimanakah interkoneksi antara kamera dan DVR menggunakan PoC? Berikut gambar wiring antar device dengan merk Dahua.


Dan berikut adalah gambar wiring merk Hikvision.

Kesimpulan

  1. Dalam sistem yang kompleks, PoC bisa mereduksi kompleksitas tarikan kabel. Dan pada titik tertentu menggunakan PoC bisa mereduksi biaya penggunaan kabel.
  2. Maksimum panjang tiap merk berbeda. Panjang maximum PoC kamera Dahua adalah 400 meter, sedangkan Hikvision up to 200 meter (mohon info jika saya salah).
  3. PoC memodulasi Video, Power, dan Audio sehingga dapat dirambatkan dalam satu kabel. Karena modulasi inilah sinyal video dan lainnya realtif lebih tahan terhadap interferensi.
  4. PoC merupakan teknik jadul yang pernah digunakan pada kamera analog. Dulu fitur ini dikenal dengan SINGLE COAX, dan memerlukan alat tambahan.

Sekian artikel kali ini.
Sila di share jika dirasa bermanfaat.

1 comment:

Maaf jika ada pertanyaan yang tidak saya jawab, dikarenakan kesibukan penulis yang tidak memungkinkan untuk selalu online. Dan mohon maaf untuk iklan dengan terpaksa saya hapus.