24 April 2019

Membuat Hostname di dlinkddns.com

Setelah sebelumnya saya membuat postingan perihal pembuatan hostname di no-ip, postingan kali ini masih membahas hal serupa yaitu membuat hostname di dlinkddns.com.
Berbeda dengan no-ip, dlinkddns hanya menyediakan 1 hostname untuk 1 akun. Dan hostname tersebut hanya dapat digunakan pada produk-produk dlink. Dan perlu pembaca ketahui, dlinkddns.com sebenarnya masih layanan dari dyndns juga. Mungkin dlink membeli domain dlinkddns.com khusus untuk customernya. Karenanya jangan heran, jika email yang digunakan saat registrasi di linkddns.com ditolak coba cek lagi mungkin saja email tersebut sudah pernah digunakan untuk mendaftar di dyndns.

Berikut cara membuat hostname di dlinkddns.com.
  1. Buka website http://www.dlinkddns.com dan klik START untuk memulai registrasi.
  2. Isi data yang ditanyakan, beri tanda centang di Subscribe to our mailing list dan I agree to the Acceptable Use Policy Above. Klik Create Account.
    registrasi dlinkddns
  3. Akan ada konfirmasi pembuatan account ke email. Buka dulu email kita, dan klik link aktivasi supaya kita bisa login.
    email konfirmasi
  4. Setelah link tersebut di klik, akan ada notifikasi bahwa akun telah dikonfirmasi. Langsung login saja menggunakan user account yang telah dibuat pada poin sebelumnya. Untuk menambahkan host klik link Add host.
    add host
  5. Isi hostname dengan nama yang anda kehendaki, pada contoh kali ini saya beri nama bandung, sehingga hostname saya akan seperti ini –> bandung.dlinkddns.com. Jangan lupa isi New IP Address dengan Browser IP Address (lihat gambar). Klik Save.
    hostname list
Jangan lupa catat username, password, dan hostname untuk diisikan di modem ADSL/router atau di DVR.

Sekian artikel kali ini.

Semoga bermanfaat…

9 comments:

  1. saya sudah mencoba pakai dlinkddns untuk sementara bagus ga tahu kedepannya,biasanya masalahnya ga bisa update...untuk sementara saya nyoba pakai router TPLINK
     

    ReplyDelete
  2. Biasanya problem di updaternya Pa.... server apapun yang digunakan sebenarnya tergantung di updater. Yang paling bagus updater memang masih di software, cuma jadi hal yang tidak populer kalo harus provide PC hanya untuk update IP Address publik. Selain itu updater juga tergantung stabilitas koneksi internet. Koneksi internet yang tidak stabil bisa mengakibatkan hostname kita dikategorikan "abuse", dan akibatnya hostname menjadi tidak update.

    Tengkyu atas kunjungan....

    ReplyDelete
  3. mau tanya pak, saya uda register di dlinkddns.com, tapi koq tidak auto update ya perubahan ip public nya, saya pakai modem adsl dlink 520b, mohon penjelasan nya, thx.

    ReplyDelete
  4. Hostname, username, dan passwordnya sudah diisikan ke settingan menu dynamic dns di modem dlink 520b atau belum?   Coba cari di menu advance --> DDNS atau Dynamic DNS, terus isikan hostname dan user account dlinkddns.com-nya

    ReplyDelete
  5.  mau tanya pa, kalau pakai modem external seperti modem gsm, bagaimana cara mendapatkan ip publiknya.
    trima kasih.

    ReplyDelete
  6. Sebelum Mas Puji menggunakan GSM Modem sebagai jalur koneksi internetnya, ada baiknya Mas Puji membaca paparan berikut http://cctv-aspect.blogspot.com/2012/04/settingan-dvr-ke-internet-via-3g-layak.html . Secara garis besar teknik sharing, open port, dan lainnya tidak jauh berbeda dengan setting koneksi internet ADSL. Diperlukan alat tambahan router 3G supaya modem tersebut dapat digunakan. Kalo ada pertanyaan lagi kontek aja saya via email atau via kolom komentar ini, insya Allah saya bantu 

    ReplyDelete
  7. mau tanya pak,, apakah kalo settingannya sudah benar,, hostname akan bisa update otomatis ipnya,, terimakasih

    ReplyDelete
  8. Mohamad Rizal FahleviJuly 19, 2012 at 8:33 AM

    Kalo yang dimaksud settingan benar adalah mengisikan hostname, user dan password account ddns ke dvr ATAU router maka insya Allah IP Publik akan terupdate secara otomatis. Biasanya router lebih bagus dari pada dvr, ada kalanya firmware dvr harus di update dulu supaya bisa update secara benar....

    ReplyDelete
  9. maaf bos mau tanya lagi,, bila ip publik hanya bisa diakses beberapa saat,, kemudian ip tersebut tak dapat diakses, padahal modem router tidak mati/restart,,, pun sudah kita pastikan ipnya tetep atau tidak berubah,, namun bila modem router saya restart,,, ip baru yg muncul bisa diakses,kemudian error kembali/tak dapat diakses,,, itu kendala di apanya ya ,, terima kasih

    ReplyDelete

Maaf jika ada pertanyaan yang tidak saya jawab, dikarenakan kesibukan penulis yang tidak memungkinkan untuk selalu online. Dan mohon maaf untuk iklan dengan terpaksa saya hapus.