30 October 2012

Setting DVR ke Internet (Bag.3)

Melanjutkan artikel sebelumnya, postingan kali ini lebih mentiitk beratkan pada pengembangan topologi jaringan DVR dengan router tambahan (baca: WIFI). Pada tulisan bag.1 dan bag.2, topologi jaringan DVR masih menggunakan topologi dasar. Yaitu
  1. Modem ADSL 1 port atau 4 port.
  2. Hub/switch.
  3. DVR.
Topologi umum speedy dengan wifi untuk penggunaan TANPA DVR seperti gambar di bawah ini:
topologi standar speedy dengan wifi

Dengan topologi seperti itu, biasanya DVR akan dihubungkan seperti gambar di bawah:
topologi standar speedy wifi dengan DVR
Sejauh ini, berdasarkan pengalaman, open port DVR seperti gambar di atas belum pernah berhasil. Ada 2 cara mudah untuk membuka port DVR dalam jaringan hotspot. Berikut caranya.
Cara 1.
Dengan menambahkan hub/switch seperti gambar di bawah ini. Dengan topologi tersebut tidak diperlukan settingan di modem ADSL maupun di router Access Point. Hot spot berfungsi dengan baik, dan DVR akan dengan mudah dibuka port-nya.
topologi open port DVR pada hotspot cara 1

Cara 2.
Cara ini dilakukan jika tidak ada budget untuk membeli hub/switch. Sebenarnya cara ke-2 ini sangat simple. Ikuti topologinya seperti gambar di bawah, dan pastikan DHCP pada router Access Point di-OFF/DISABLE-kan. Untuk membuat OFF/DISABLE DHCP seperti biasa masuk terlebih dulu ke menu router Access Point dan cari menu DHCP.
topologi open port DVR pada hotspot cara 2
Berikut salah satu contoh menu DHCP.
menu DHCP
Artikel kali ini sekaligus sebagai penutup artikel Setting DVR ke Internet. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, kritik, atau saran silahkan isi kolom komentar atau bisa via email.

12 comments:

  1. dh,
    aku beli dvr avtech baru pasang 2 kamera, coba ikuti petunjuk disini, jaringan lokal (wifi) bisa, tapi kalau jaringan luar, misal 3G, bila host yg didaftar dyndns trial / no-ip aku masukan koq tampilannya login ke 192.168.1.1 dari adsl router ya ?
    salah di apa nih ?
    terima kasih

    ReplyDelete
  2. port belum open. pastikan open dulu aja pa. buka http://canyouseeme.org. Nah ketikan port yang digunakan. Harus success notifikasinya. Kalau masih kesulitan, saya bisa assist via teamviewer. ID sama pass kirim via email saja.

    ReplyDelete
  3. Dear Admin,
    aku install dvr avtech diinstansi dengan cara sesuai info diatas, ada sedikit problem :
    untuk ip dvr hanya bisa diakses lokal (area kantor saja)khususnya jaringan LAN maupun via WIFI, dan untuk android dan BB serta Laptop(menggunakan modem lain) tidak bisa akses ip/hostname dari dvr tersebut......kenapa ya, mohon infonya. terima kasih

    ReplyDelete
  4. Dear Admin,
    aku install dvr avtech diinstansi dengan cara sesuai info diatas, ada sedikit problem :
    untuk ip dvr hanya bisa diakses lokal (area kantor saja)khususnya jaringan LAN maupun via WIFI, dan untuk android dan BB serta Laptop(menggunakan modem lain) tidak bisa akses ip/hostname dari dvr tersebut......kenapa ya, mohon infonya. terima kasih

    ReplyDelete
  5. Tidak bisa akses via hostname maksudnya via internet? Kalo iya via internet coba topologinya diubah dulu tanpa wifi. Jadi semua terhubung langsung ke modem ADSL, check portnya via canyouseeme.org .... Kalo sudah open coba ping hostname-nya dan pastikan hasil ping harus sama dengan IP Publik yang nampak di canyouseeme.org... Hasilnya saya tunggu

    ReplyDelete
  6. ternyata oleh IT kantor modem yang lama diganti dengan modem router wifi prolink h5004n 4 LAN yang dulu settingnya seperti biasa dari modem speedy langsung bisa terakses online tp sekarang hanya bisa Lokal aja....sedangkan untuk akses ke 192.68.1.1 sekarang masuk kelinknya PROLink ADSL Router modem wifi dan terdapat password jadi sulit untuk masuk kemodem router tersebut apalagi pihak ITnya tidak tau passwordnya....sedangkan pengetahuan sya juga blum sampai kesitu....mohon saranya

    ReplyDelete
  7. kalo problem seperti ini gimana ya:
    'cctv udah bisa di akses via ineternet ato pake ip public di jaringan lain /user lain tapi kalo akses pake ip public di jaringan lokal tidak bisa terhubung'
    kenapa ya?

    ReplyDelete
  8. @Gery Afrianto: Aksesing DVR menggunakan IP address publik (hostname publik) menyebabkan loop back. Dan ini tidak disarankan. Untuk lingkungan LAN maka gunakan IP Address private (LAN). Loop back ini sering mengaburkan para technical support saat melakukan pengetesan terakhir. Kadang-kadang bisa tersambung dan kadang tidak. Walaupun tersambung tidak menjamin settingan port forwarding sudah benar (port sudah terbuka). Intinya jangan gunakan hostname publik untuk aksesing DVR dilingkungan LAN.

    ReplyDelete
  9. @Echodhox: Kalau di kantor Bapak menggunakan modem ADSL yang sudah built-in dengan wifi sebenarnya itu lebih mudah untuk konfigurasinya. Setting DMZ, setting DDNS .... selesai. Kalau kesulitan dengan password modem wifi, di reset saja Pa, setting to default saja. Tapi jangan lupa siapkan account speedy dengan passwordnya... account speedy biasanya 12 digit berupa angka, sedangkan passwordnya 10 digit kombinasi angka dan huruf kapital.

    ReplyDelete
  10. bagaiman cara settingnya kalo pake modem huawei?

    ReplyDelete
  11. karena tamplan beda dengan modem tplink

    ReplyDelete
  12. MOhon bantuannya gan, topologi saya
    MODEM WIFI DHCP(192.158.1.1)-WAN ROUTER WIFI DHCP(192.168.0.1)-DVR
    Cara settingnya gmn? apa hanya di router saja open portnya dan ddns?
    Pernah setting MODEM-LAN ROUTER-DVR bisa akses DVR tp internet di router mati

    ReplyDelete

Maaf jika ada pertanyaan yang tidak saya jawab, dikarenakan kesibukan penulis yang tidak memungkinkan untuk selalu online. Dan mohon maaf untuk iklan dengan terpaksa saya hapus.