03 January 2015

IP Scanner, Senjata Teknisi Untuk Memasang & Troubleshooting IP Camera

Apa Itu IP Scanner?
Secara umum adalah software utility untuk melakukan pemindaian perangkat berbasis IP dalam suatu jaringan lokal (LAN). Salah satu contoh software umum IP scanner adalah Advanced IP Scanner. Advanced IP Scanner akan memindai dan menampilkan seluruh device yang terkoneksi dalam satu jaringan tidak hanya IP camera, fungsinya khusus sampai disitu tidak ada fungsionalitas tambahan, atau para pembaca bisa menyebutnya software auditor jaringan.

Berbeda dengan IP scanner camera. Selain memindai dan menampilkan hanya  IP camera yang bersangkutan, IP scanner kamera mempunyai fungsi tambahan yaitu untuk mengubah IP Address kamera. Nama software utilitas ini berbeda-beda disetiap merk. Berikut beberapa list nama software utilitas IP scanner:
  1. Avigilon - Avigilon Camera Installation Tool.
  2. Arecont - End Detect Network.
  3. ACTi - IP Utility.
  4. AXIS - AXIS IP Utility/Camera Management Utiliy.
  5. CNB - IP Installer.
  6. Dahua - ConfigTool.
  7. Geovision - IP Device Utility.
  8. Hikvision - SADP.
  9. Sony - IP Setup (SNC Toolbox).
  10. Panasonic - EasyIPSetup_Ipro/Panasonic IP Setting.
  11. Pelco -Pelco Device utility.
  12. Samsung - Samsung IP Installer Utility.
  13. Vivotek - IW (Installation Wizard).
Dalam prakteknya IP scanner sangat efektif untuk:
  1. Manajemen pengaturan IP address kamera.
  2. Pointing arah kamera.
Cara Kerja IP Scanner.
Sebelum saya uraikan lebih jauh sebaiknya para pembaca menyimak tulisan saya sebelumnya disini.
Sebenarnya IP scanner bekerja berdasarkan MAC address. MAC address adalah alamat fisik/alamat mesin peralatan jaringan berupa kombinasi 12 digit angka dan huruf. Contoh:   48-5A-B6-C6-08-F3. Untuk lebih jelasnya silahkan pembaca gugling mengenai MAC address ini.

Karena bekerja berdasarkan pendeteksian MAC address maka berapapun IP address kamera, IP scanner akan selalu bisa mendeteksi kamera yang terhubung ke LAN, bahkan saat IP camera diset dalam mode DHCP sekalipun (dan tidak ada router/DHCP server yang aktif).

ip scanner ipcam wiring

Single line diagram cocok digunakan saat pointing kamera atau troublehooting. Setelah IP camera terhubung seperti gambar di atas, sesaat setelah IP scanner dijalankan, software tersebut secara otomatis akan memindai device yang terhubung. Jika pemindaian tidak berhasil bisa di ulang lagi dengan cara meng-klik tombol refresh.

Berikut screen capture IP scanner Dahua. Software brand lain kurang lebih akan mempunyai fungsi yang sama.

ip scanner ipcam dahua

Akan saya jelaskan fungsi tombol-tombol yang sering digunakan.
Tombol Refresh berfungsi untuk memulai kembali pemindaian.
Tombol Login digunakan untuk mengubah IP address kamera yang berhasil dipindai dengan cara memasukan akun  user default IP camera. 
Untuk membuka IP camera di browser IE (Internet Explorer) cukup memilih salah satu IP camera yang terpindai, klik      kanan dan klik Open Device Web. Harap diperhatikan saat akan terhubung ke IP camera, harus dipastikan IP address     PC yang digunakan dan IP address kamera harus satu segment. Contoh: IP camera diset terlebih dulu ke 192.168.0.77   sedangkan PC sudah diset ke 192.168.0.67.

Kesimpulan
  1. IP scanner merupakan software utilitas wajib saat pemasangan IP camera maupun troubleshooting. Karena sifatnya yang wajib maka jadi suatu keharusan para teknisi dibekali PC minimal netbook. Bagaimana jika menggunakan gadget/smartphone? Saya sarankan jangan. Bagaimanapun PC tetap mempunyai fleksibilitas yang sangat tinggi untuk konfiguring IP camera.
  2. IP camera bekerja berdasarkan pemindaian MAC address, sehingga bagaimanapun kondisi IP camera (baca: IP address) akan selalu dapat ditemukan/dipindai.
  3. Saat IP camera berhasil dipindai dan tampil di software tidak serta merta bisa diopen di browser, pastikan IP addresnya satu segment dengan PC.
Tulisan di atas berdasarkan hasil pengalaman di lapangan dan beberapa literatur, jika ada kesalahan dan ketidak sesuaian silahkan koreksi saya dan jika ada pertanyaan silahkan isi kolom komentar. Sekian artikel kali ini nantikan postingan menarik lainnya di artikel-cctv.blogspot.com. Stay tune!

4 komentar:

Launch Business in Delhi said...

Amazing blog and very interesting stuff you got here! I definitely learned a lot from reading through some of your earlier posts as well and decided to drop a comment on this one!

Mobile App Developers said...

I certainly agree to some points that you have discussed on this post. I appreciate that you have shared some reliable tips on this review.

MangTOP said...

Artikel nya bagus2 gan...
izin share ya gan Penjualan dan pemasangan Kamera CCTV di Kota Palembang CCTV Palembang

BendolNet said...

Pemasangan kamera CCTV ini memiliki tujuan untuk memantau situasi dan kondisi tempat tertentu, sehingga dapat mencegah terjadinya tindak kejahatan bahkan sering sekali juga bisa dijadikan sebagai bahan bukti tindak kriminilitas atau kejahatan yang telah terjadi https://www.peemtek.net/jasa-cctv-profesional/pasang-cctv-cikampek/

Post a Comment

Maaf jika ada pertanyaan yang tidak saya jawab, dikarenakan kesibukan penulis yang tidak memungkinkan untuk selalu online. Dan mohon maaf untuk iklan dengan terpaksa saya hapus.