18 July 2015

Solusi Open Port ONT Huawei HG8245A Pada CCTV

Update (16 Oktober 2015):
Sementara penulis mengambil kesimpulan bahwa colokan LAN pada beberapa merk ONT indihome yang efektif berfungsi hanya 2 colokan LAN terutama pada ONT Huawei HG8245A dan ONT Fiberhome.
Pada ONT Huawei HG8245A penulis pernah menemukan colokan LAN2 dan LAN3 yang berfungsi untuk useetv dan internet. Sedangkan pada ONT Fiberhome colokan LAN3 berfungsi untuk internet sedangkan colokan LAN4 untuk useetv.

Colokan LAN selain yang disebutkan diatas belum pernah berhasil digunakan untuk cctv/DVR. Pada ONT Huawei, port yang diopen via DMZ ataupun port forwarding tidak pernah sukses dibuka. Tetapi koneksi via LAN berjalan dengan normal. Yang lebih aneh adalah pada ONT Fiberhome. DVR berhasil dibuka portnya, tetapi koneksi antar colokan LAN bahkan Wifi to port LAN tidak bisa, di ping pun RTO.



Solusi!
Solusi terbaik yang dapat diterapkan pada dua ONT tersebut adalah dengan:
  1. Menambahkan wifi router.
  2. Menonaktifkan/disable wifi pada ONT bawaan (pada gambar ditunjukan dengan caption RADIO OFF). 
Lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.


Setelah melakukan perubahan topology seperti salah satu gambar diatas, barulah lakukan setingan open port DMZ ataupun port forwarding.

Mungkin para pembaca ada pengalaman ataupun ilmu yang mau disharing? silahkan isi di kolom komentar.

Postingan Lama.
Setelah repotnya membuka port di Huawei HG532E, sempat ada rekan yang menanyakan oper port di Huawei HG8245A. Sebenarnya open port di Huawei HG8245A sama saja seperti yang lainnya. Yang membedakan adalah Huawei HG8245A port-port nya support layer 2 dan layer 3.

Apa itu Port Layer 2 dan Layer 3?
Simpelnya, port layer 2 berlaku seperti port switch biasa, sedangkan port layer 3 selain berfungsi sebagai port switch juga berlaku untuk fungsi routing. Artinya port forwarding alias open port hanya berlaku di port layer 3.

Default settingan port layer pada Huawei HG8245A adalah sbb:
  1. Colokan port 1 dan colokan port 4 = Layer 2.
  2. Colokan port 2 dan colokan port 3 = Layer 3.

Solusi
Dimanakah letak menu settingan layer ini? Klik LAN > LAN Port Work Mode. Berikut screen shotnya.


Solusi paling mudah adalah dengan mengubah settingan default LAN Port Work Mode. Beri tanda centang pada port LAN yang akan digunakan sebagai port CCTV.

Jika satu dan lain hal colokan port 1 dan colokan port 4 tidak mungkin digunakan, solusi lainnya adalah dengan memberi hub switch pada colokan port 2 atau colokan port 3.

Setelah solusi di atas dilakukan cobalah open port seperti biasa. Bisa dengan port forwarding ataupun DMZ.

Oiya, satu hal lagi gunakan user: telecomadmin dan password: admintelecom untuk mengakses ONT Huawei HG8245A.

Sekian artikel kali ini, semoga membantu rekan-rekan.
Taqabalallahu Minna Wa Minkum, Shiyamana wa shiyamakaum.
Minal Adizin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir Bathin.
Selamat Idul Fitri 1436H.

18 komentar:

Alizo Writero said...

Great post it its really informative and innovative keep us posted with new updates. its was really valuable. thanks a lot. Security Camera System In Hyderabad

MangTOP said...

Nice Inpoh gan ...
Izin share ya Penjualan dan Pemasangan Kamera CCTV CCTV Palembang

Thanks Gan

MangTOP said...

Nice Inpoh gan ...
Izin share ya Penjualan dan Pemasangan Kamera CCTV CCTV Palembang

Thanks Gan

Awais Irshad said...

CCTV is utilized to transmit a sign to a particular spot, on a constrained arrangement of screens and utilizing it as a part of cinemahall is truly a decent.. Much obliged for sharing such stuff . It was truly useful in CCTV Camera establishment. Wireless Camera in Lahore

saravanan uday said...

Thank you for sharing this articles,I really gathered information about the cctv cameras important and the security, artikel cctv is very much useful information given to us. Future eye

saravanan uday said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

We are into sales and service of cctv cameras. Please keep updating with the new posts, it will be very useful for us. Canon Service Centers in Chennai

ASYRAF V-ASCA said...

Salam,
Mau nanya, penambahan wifi router yang dimaksud apakah dibridge dari ont huawei ke wifi router atau hanya di hubungkan ke wan port di wifi router saja?

Ichi Fivers said...

terima kasih gan atas infonya, pantas dapet beberapa customer yg pak modem Huawei HG8245A suka ga bisa untuk setting cctv

Raji said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

thanks infonya gan,
tapi ada satu masalah lagi gan
saya menggunakan 2 dvr h264, yg satu lan-nya langsung dari Hub status online dan bisa di akses melalui hp. yang satunya menggunakan akses point status dvr online tetapi tidak bisa di akses melalui hp. bisa bantu solusinya gan

Drip Lord said...

DDNS Noip buat hg8245a gk ada ya??

Madhubala said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Robby Siregar said...

Tararengkiu infonya...

Unknown said...

Wonderful blog post on cctv cameras. Many times cctv cameras can be life saving and it is very important that everyone has installed them in their premises. We are cctv camera dealers in chennai and this post was very useful for us.

admin said...

Kalo ga salah emang ga ada Om. Coba pake P2P aja....

admin said...

Sami-sami Om

Post a Comment

Maaf jika ada pertanyaan yang tidak saya jawab, dikarenakan kesibukan penulis yang tidak memungkinkan untuk selalu online. Dan mohon maaf untuk iklan dengan terpaksa saya hapus.