23 February 2021

Penyebab & Solusi DVR SPC Lama Tidak Connect Cloud via Apps NEYE Pro (yunyis.com)

Fitur P2P atau Cloud dibuat untuk memudahkan settingan online DVR cctv ke internet supaya bisa dipantau via Apps atau Laptop. Jika provider internetnya menggunakan Indihome cukup dengan melakukan pengaturan IP Address di DHCP, dan mengaktifkan P2P/Cloud ENABLE, DVR sudah bisa langsung diakses.

Tapi apa jadinya jika fitur P2P/Cloud tersebut tidak berfungsi, alias DVR SPC LAMA tidak connect ke internet? Apa penyebabnya? Dulu sebelum saya menemukan kasus P2P DVR SPC LAMA tidak berfungsi, ada beberapa kemungkinan :
  1. Internetnya offline.
  2. Server P2P nya sedang maintenance atau offline.
  3. Apps cctv nya harus di update.

Nah, ke-3 kemungkinan diatas tidak saya temukan pada problem yang saya temukan kali ini. Ini yang saya lakukan. 
  1. Saya pastikan koneksi internet di lokasi 100% berfungsi, dan hasilnya OK!
  2. Saya pastikan IP Address DVR SPC LAMA sudah diatur di mode DHCP.
  3. Saya pastikan P2P nya sukses terhubung ke server, dan hasilnya OK!
Dan hasilnya Apps nya tidak bisa terhubung ke DVR, alias Fail to connect! Langkah terakhir:
Saya pastikan Apps nya yang 100% kompatibel dengan DVR SPC. Saya coba install dari Playstore Google. Mulai dari NEYE Pro sampe NEYE Plus. Dan saya coba install juga Apps dari website www.yunyis.com. Hasilnya tetap juga Fail to connect!


Www.yunyis.com ini website yang digunakan untuk mengakses (melihat) cctv SPC anda dari laptop menggunakan browser Internet Explorer. Cukup menggunakan DEVICE ID, username & password DVR. Oiya dan saya pun tidak bisa terhubung via website (tidak keluar video, walaupun berhasil login).



Dan setelah berkutat beberapa saat, akhirnya saya temukan akar masalahnya. 

Seperti penjelasan diatas, DVR SPC LAMA fitur P2P nya ternyata menggunakan server pihak ke-3 yaitu yunyis.com. Seperti layanan internet lannya, fitur P2P pada DVR SPC LAMA ternyata mempunyai tenggat waktu alias ada kadaluwarsanya, dan pengguna fitur P2P ini harus melakukan pembayaran agar bisa tetap terhubung dengan servernya. 

Saya tahu dari mana? Pemberitahuannya saya temukan di apps NEYE PRO, silahkan simak gambar di bawah.



Solusinya seperti apa?
  1. Memperpanjang layanan nya.
  2. Mengganti DVR nya kalo ada budget. Saya sarankan gunakan brand Dahua atau Hikvision karena menggunakan server sendiri.
  3. Gunakan fitur DDNS. 
Kalo tidak ada budget, silahkan gunakan solusi point ke-3. Stepnya tidak akan saya jelaskan lagi soalnya sudah pernah saya buatkan artikelnya. Berikut link nya.

Semoga bermanfaat ...

0 komentar:

Post a Comment

Maaf jika ada pertanyaan yang tidak saya jawab, dikarenakan kesibukan penulis yang tidak memungkinkan untuk selalu online. Dan mohon maaf untuk iklan dengan terpaksa saya hapus.